Tips Cara Menghemat Listrik di Rumah Bogor

Keuangan31 Views

Semakin pusing tagihan listrik bisa bikin mata merah melotot? Makin banyak perangkat yang dipakai, makin tinggi tagihan. Nah, biar dompet aman dan bumi juga seneng, coba deh tips hemat listrik yang sederhana versi Cimanggu Bogor

Matiin Lampu yang Gak Dipake

Kalau lagi di kamar, tapi lampu kamar lain masih nyalain, matiin aja yang gak dipake. Hemat listrik nomor satu yang gampang banget!

Ganti Lampu Pijar dengan LED

Lampu LED itu keren, hemat listrik, dan awet. Iya, harganya lebih mahal sedikit, tapi kamu bakal hemat uang dalam jangka panjang.

Jangan Biarin Elektronik Standby

TV, komputer, konsol game itu suka nyala standby tanpa kamu sadari. Pastikan buat matiin barang tersebut sepenuhnya atau colokin ke steker yang bisa dimatiin.

Beli Peralatan Listrik yang Hemat Energi

Perangkat yang lebih hemat energi biasanya ada label “Energy Star” yang berarti lebih sedikit uang untuk tagihan listrik bulanan.

Atur AC dan Pemanas Air yang Woles

Jangan kepanasan atau kedinginan, ya. Setel suhu AC dan pemanas air ke level yang masih nyaman tapi enggak over.

Cek Filter AC dan Kulkas

Filter yang bersih bikin kinerja perangkat lebih efisien. Jadi, cek dan bersihkan mereka secara berkala.

Manfaatin Matahari

Saat matahari terang-terang, manfaatin cahayanya! Buka jendela dan tirai biar enggak perlu nyalain lampu atau pemanas.

Timer dan Sensor Cahaya

Buat hidup kamu lebih simpel. Pasang timer atau sensor cahaya di pencahayaan luar atau di ruangan yang enggak sering dipake. Ini bisa hemat energi dan uang!

Ganti Perangkat Lama

Kalau kamu mau ganti boiler air atau oven, coba yang lebih hemat energi. Biar listrik kamu lebih efisien, gitu. Cek Toko AC di Bogor

Matiin Semua yang Gak Kepake

Sebelum kamu keluar rumah, pastikan buat matiin semua perangkat yang enggak kamu pake. Hemat energi dan hindari tagihan melambung!

Gampang kan? Hemat listrik enggak perlu repot-repot. Selain bikin dompet aman, kamu juga bantu kurangin beban listrik yang dipakai sama bumi. Nah, itu baru namanya aksi pahlawan energi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *