Tips Cara Mengusir Semut Hitam dan Merah Agar Tidak Datang Lagi

Kesehatan14 Views

Tentunya, semut merah dan semut hitam bisa jadi masalah yang cukup menjengkelkan di rumah. Mulai dari dapur hingga area-area lainnya, mereka seringkali muncul tanpa diundang. Cimanggu Bogor akan membagikan beberapa trik sederhana yang bisa membantumu mengusir semut dari rumah tanpa harus repot:

Cuka atau Minyak Peppermint

Semut tidak suka aroma cuka atau minyak peppermint. Campurkan cuka dengan air dan semprotkan di tempat-tempat di mana sering ada semut. Sementara itu, teteskan minyak peppermint di sekitar jendela atau pintu untuk menyingkirkan mereka. Cuka dan minyak peppermint bisa jadi mengusir semut dengan alami tanpa bahan berbahaya

Serbuk Kayu Manis atau Lada

Hamburkan serbuk kayu manis atau lada di jalur yang biasa dilalui semut. Mereka membenci bau-bauan itu dan akan menjauh.

Menyeka Permukaan Dengan Cairan Sabun dan Pembersih Lantai

Membersihkan area dengan cairan sabun atau pembersih lantai seperti wipol dapat menghilangkan jejak semut yang biasanya mereka gunakan untuk mengikuti jalur.

Siram dengan Air Panas dan Kapur Barus

Jika ada sarang semut, siramlah dengan air panas. Setelah itu, taburkan kapur barus di sekitar tempat itu untuk mengusir mereka. Bisa juga menaruh beberapa kamper pada tempat semut biasa lewat.

Selalu Bersihkan Sisa Makanan

Pastikan semua sisa makanan tertutup rapat atau disimpan di wadah kedap udara. Semut datang untuk makanan, jadi buang makanan sisa dengan benar.

Perbaiki Kebocoran Air

Semut mencari air, jadi pastikan tidak ada kebocoran di rumah, terutama di area dapur dan kamar mandi.

Gunakan Perekat Lem

Letakkan perekat lem di sekitar area di mana semut sering lewat. Saat mereka menempel, kamu bisa membuangnya.

Menggunakan Semprotan Insektisida

Beli insektisida rumahan seperti baygon, hit, atau merek lainnya di warung dan minimarket sekitar kamu, lalu semprotkan pada tempat semut berkumpul.

Jaga Kebersihan

Yang paling penting, jaga kebersihan rumahmu. Rajinlah membersihkan debu dan membersihkan sisa-sisa makanan untuk mengusir semut.

Hancurkan Sarang Semut

Kalau kamu menemukan sarang semut, maka kamu bisa menghancurkannya atau kamu bisa menutup lubang tempat keluar semut tersebut.

Mengusir semut memang tidak mudah, tapi dengan sedikit usaha dan tips sederhana ini, kamu bisa mengurangi kedatangan mereka di rumahmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *