Tips Cara Menghemat AC di Rumah agar Tetap Sejuk tanpa Membekukan Dompet

Keuangan9 Views

Menghadapi hari-hari panas, AC menjadi penyelamat utama. Namun, biaya listrik yang melonjak bisa membuatmu berkeringat dingin. Bagaimana caranya agar tetap sejuk tanpa membuat tagihan listrik naik setinggi langit? Yuk, simak tips cara hemat AC ala Cimanggu Bogor berikut:

Pergunakan Sensor Otomatis

Pastikan ACmu dilengkapi dengan sensor otomatis yang memungkinkan AC mati secara otomatis ketika suhu sudah mencapai level yang diinginkan. Kamu bisa tidur nyenyak tanpa khawatir suhu kamar terlalu dingin.

Bersihkan Filter secara Berkala

Filter yang bersih memastikan aliran udara lancar. Bersihkan atau ganti filter AC setidaknya sekali sebulan. Filter kotor membuat AC bekerja lebih keras dan menggunakan lebih banyak energi.

Matikan AC Saat Tidak Diperlukan

Jangan lupa untuk mematikan AC ketika kamu keluar rumah. Tidak ada alasan untuk mendinginkan ruangan yang kosong. Gunakanlah kipas angin jika hanya butuh pendinginan ringan.

Manfaatkan Tirai dan Penutup Jendela

Terik matahari yang masuk ke dalam ruangan bisa meningkatkan suhu. Gunakan tirai tebal atau penutup jendela untuk menghalangi panas matahari. Ini membantu AC bekerja lebih efisien.

Periksa Kondisi Isolasi Ruangan

Pastikan pintu dan jendela rapat tanpa celah udara yang berlebihan. Isolasi yang baik membantu mencegah kebocoran udara dingin keluar dan panas masuk ke dalam ruangan.

Pertahankan Suhu Stabil

Setel suhu AC pada tingkat yang nyaman, jangan terlalu rendah. Setiap penurunan satu derajat Celsius bisa meningkatkan penggunaan energi sekitar 6-8%. Jadi, pertahankan suhu yang nyaman tanpa harus membekukan diri.

Rutin Lakukan Perawatan oleh Profesional

Jangan lewatkan perawatan berkala oleh teknisi AC. Membersihkan bagian dalam dan mengecek kinerja AC secara menyeluruh dapat meningkatkan efisiensi dan memperpanjang umur AC.

Gunakan Kipas Angin Bersama AC

Menggunakan kipas angin bersamaan dengan AC memungkinkan distribusi udara dingin lebih merata. Kamu bisa mengurangi suhu AC tanpa harus menaikkan suhu terlalu rendah.

Hindari Pemasangan AC di Tempat Panas

Pemasangan AC di tempat yang terkena sinar matahari langsung dapat membuatnya bekerja lebih keras. Tempatkan AC di tempat yang teduh untuk mengoptimalkan kinerjanya.

Investasikan dengan membeli AC yang punya fitur Efisien Energi

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk mengganti AC lama dengan yang lebih efisien energi. Meskipun investasi awal mungkin lebih tinggi, namun biaya operasional jangka panjangnya lebih hemat.

Baca Juga

Toko AC Murah Bogor
Tukang AC Jujur Bogor

Dengan menerapkan tips cara hemat menggunakan AC ini, kamu bisa menikmati kesejukan tanpa perlu khawatir dengan tagihan listrik yang membengkak. Hemat energi, hemat biaya, tetap sejuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *