Daftar Jenis Macam-Macam Kue Manis di Bogor yang Enak Untuk Bulan Ramadhan

Kuliner15 Views

Siapa yang bisa menolak kelezatan kue manis dan enak? Dari yang tradisional hingga yang modern, Bogor punya banyak sekali variasi kue yang membuat lidah bergoyang. Nah, mari jalan-jalan kuliner bersama Cimanggu bogor sambil mengenal lebih dekat beberapa kue manis Bogor khas ramadhan yang bikin nagih dan bisa jadi inspirasi untuk buka puasa!

Kue Klepon

Siapa yang nggak kenal dengan kue klepon? Kue tradisional Jawa ini terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat dan diisi dengan gula merah, lalu dilumuri kelapa parut. Rasanya legit dan lezat, apalagi kalau dimakan ketika masih hangat!

Kue Lumpur

Kue lumpur adalah kue basah yang terbuat dari campuran tepung beras, santan, gula, dan pewarna makanan. Kue ini memiliki tekstur lembut dan kenyal, dan sering dihiasi dengan taburan wijen di atasnya. Rasanya manis dan lezat, cocok untuk camilan di sore hari.

Martabak Manis

Martabak manis adalah sajian khas Indonesia yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, susu, dan ragi, kemudian ditambahkan berbagai macam topping seperti cokelat, keju, kacang, atau meses. Martabak manis sering disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup yang menggugah selera.

Bolu Kukus

Bolu kukus adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari adonan tepung terigu, gula, telur, dan santan yang dikukus hingga matang. Kue ini memiliki tekstur lembut dan empuk, dan sering dihidangkan sebagai camilan atau sajian penutup di berbagai acara. Jenis Bolu kukus yang dapat dijumpai seperti bolu lapis buah, bolu kukus semangka, bolu karamel, bolu lurik pandan,

Kue Lapis

Kue lapis adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari lapisan-lapisan adonan berwarna yang dikukus secara bergantian hingga membentuk motif yang indah. Kue ini memiliki tekstur kenyal dan manis, dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh atau hidangan penutup. Kue Lapis yang terkenal seperti Lapis Surabaya Tiga Rasa.

Kue Brownies

Kue manis ini terbuat dari adonan campuran garam, vanili, tepung, gula, telur, cokelat leleh, margarin, dan cokelat yang yang dikukus dalam cetakan. Variasi brownies yang bisa kamu nikmati diantaranya Rum Ball, Ring O, Little Chicken, Cheesy Candy, Sweet Gift, Fantasy Mocha, Fair Lady, Strawberry Shortcake, Soccer, Teddy Bear, Sun Flower, Butterfly, Tinkerbell, Candy Boat, Spiderman, Ice Cream, Yoyo, Baby Elephant, Star Colorful, dan Strawberry Choco.

resep kue manis dari tepung terigu
jenis kue manis

Onbitkjoek

Kue manis yang dipanggang dalam oven ini terbuat dari adonan kocokan kuning dan putih telur yang diaduk rata bersama vanili, garam, spekuk, baking powder,susu, terigu, gula, dan margarin kemudian diberikan taburan almond diatasnya.

Kue Putu

Kue Putu adalah salah satu kue tradisional khas Bogor yang terbuat dari campuran tepung beras dan gula merah, lalu dimasak dalam cetakan bambu. Biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut yang lembut dan gula merah di atasnya. Rasanya legit dan gurih, cocok untuk camilan di sore hari.

Roti Unyil

Roti unyil adalah kue yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, gula, dan ragi yang dicetak kecil-kecil lalu dipanggang hingga matang. Biasanya disajikan dalam berbagai bentuk dan variasi rasa, seperti cokelat, keju, atau meses. Cocok untuk dinikmati sebagai camilan ringan.

Kue Cubit

Kue Cubit adalah kue manis yang terkenal dengan bentuknya yang unik, seperti cubitan jari. Terbuat dari adonan tepung terigu, gula, telur, dan susu, kue ini sering disajikan dengan berbagai topping, seperti meses, keju, atau cokelat. Rasanya manis dan lembut, cocok untuk dinikmati kapan saja.

Kue Pukis

Kue Pukis adalah kue tradisional yang terbuat dari campuran tepung terigu, gula, telur, dan santan yang dimasak dalam cetakan khusus hingga matang. Rasanya manis dan lembut, dan sering dihidangkan sebagai camilan atau hidangan penutup di berbagai acara.

Kue Cucur

Kue Cucur terbuat dari adonan air kelapa, gula, dan tepung terigu yang digoreng keemasan. Biasanya disajikan dengan taburan wijen di atasnya. Rasanya gurih dan manis, cocok untuk dinikmati sebagai camilan di waktu senggang.

Kue Dodol Bogor

Dodol Bogor adalah salah satu kue tradisional khas Bogor yang terbuat dari campuran ketan, gula aren, dan santan kelapa yang dimasak hingga mengental. Dodol ini memiliki tekstur kenyal dan manis yang khas, serta sering dihidangkan sebagai camilan atau oleh-oleh khas Bogor.

Kue Serabi

Kue serabi adalah kue tradisional Indonesia yang juga populer di Bogor. Kue ini terbuat dari adonan tepung beras yang dicampur dengan santan dan gula, kemudian dipanggang atau dikukus dalam cetakan khusus hingga matang. Serabi sering disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula merah cair sebagai pemanis.

Kue Ape

Kue ape adalah kue tradisional khas Bogor yang terbuat dari campuran tepung terigu, telur, gula, dan santan yang dimasak dalam cetakan khusus hingga matang. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan manis, serta sering disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup di berbagai acara.

Kue Mangkok

Kue mangkok adalah kue manis khas Bogor yang terbuat dari campuran tepung terigu, telur, gula, dan santan yang dipanggang dalam cetakan mangkok khusus hingga matang. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan empuk, serta sering dijadikan sebagai camilan favorit di Bogor.

bahan kue manis basah
aneka kue manis untuk snack box

Kue Rangi

Kue rangi adalah kue tradisional Bogor yang terbuat dari campuran tepung beras, gula, dan santan. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya yang manis legit. Biasanya kue rangi dihidangkan sebagai camilan atau oleh-oleh khas dari Bogor.

Kue Molen

Kue molen adalah kue yang terbuat dari adonan tepung terigu yang dibentuk seperti pisang lalu diisi dengan selai pisang, cokelat, atau keju, kemudian digulung dan digoreng. Rasanya renyah di luar dan lembut di dalam, membuatnya menjadi camilan favorit di kota Bogor.

Kue Pancong

Kue pancong adalah kue tradisional khas Bogor yang terbuat dari campuran tepung terigu, kelapa parut, gula, dan santan, kemudian dipanggang dalam cetakan khusus yang disebut “pancong”. Tekstur kue ini garing dan lembut dengan aroma kuat kelapa.

Kue Getas

Kue getas adalah kue tradisional Bogor yang terbuat dari campuran tepung terigu, gula, dan santan yang dicetak menggunakan cetakan khusus, lalu digoreng hingga renyah. Rasanya manis dengan tekstur renyah dan lembut.

Kue Apem

Kue apem adalah kue tradisional khas Bogor yang terbuat dari campuran tepung beras, gula, dan ragi, lalu dipanggang atau dikukus hingga matang. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, serta rasanya yang manis dan sedikit beraroma.

Kue Moci

Kue moci adalah kue manis khas Bogor yang terbuat dari adonan tepung ketan yang dibentuk bulat dan diisi dengan pasta kacang hijau atau kacang tanah yang manis kemudian di atasnya diberikan taburan kelapa parut. Rasanya legit dan nikmat, cocok untuk camilan di berbagai kesempatan

Kue Geplak

Kue geplak adalah kue tradisional Bogor yang terbuat dari campuran tepung beras, gula, santan, dan kelapa parut yang dimasak hingga mengental. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal dan manis, serta aroma harum dari kelapa parut. Rasanya legit dan cocok untuk dinikmati sebagai oleh-oleh.

Kue Sagon

Kue sagon adalah kue manis tradisional Bogor yang terbuat dari kelapa parut, tepung ketan, dan gula merah. Kue ini memiliki tekstur yang renyah dan legit, serta aroma kelapa yang harum. Biasanya kue sagon dibentuk bulat dan dilapisi dengan gula halus, memberikan sensasi manis yang lezat di setiap gigitannya!

Kue Pia

Kue pia adalah kue khas Bogor yang terbuat dari adonan tepung terigu yang dibentuk bulat dan diisi dengan berbagai macam isian seperti kacang hijau, kacang tanah, atau cokelat. Biasanya memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalamnya. Rasa gurih dan manis disukai orang banyak.

Kue Lupis

Kue lupis adalah kue tradisional Bogor yang terbuat dari ketan yang dipadatkan dan disajikan dengan parutan kelapa serta siraman gula merah. Kue ini biasanya menjadi hidangan favorit saat acara-acara spesial atau saat bersantai di sore hari.

Kue Semprong

Kue Semprong adalah kue yang terbuat dari campuran tepung terigu, telur, santan, gula, dan vanili yang dicetak tipis dan digulung menjadi bentuk silinder. Kemudian kue dipanggang hingga berwarna keemasan. Rasanya manis dan gurih.

Bika Ambon

Kita mulai dengan kue legendaris yang tak lekang oleh waktu, Bika Ambon. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, telur, santan, dan gula, yang kemudian difermentasi untuk menghasilkan tekstur yang kenyal dan aromanya yang khas. Bika Ambon Bogor terkenal dengan rasa manisnya yang pas dan teksturnya yang lembut, bikin nagih!

Putu Ayu

Putu Ayu adalah kue tradisional Indonesia yang juga populer di Bogor. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan gula, yang kemudian dikukus dalam cetakan daun pisang. Ditambah dengan taburan kelapa parut di atasnya, Putu Ayu memiliki rasa manis yang lembut dan aroma yang harum.

Dadar Gulung

Dadar gulung adalah kue gulung yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, santan, dan gula, yang kemudian digulung dengan isian kelapa parut yang telah dicampur dengan gula dan daun pandan sebagai pewangi. Rasanya manis dan harum, sangat cocok untuk menemani kopi atau teh di pagi atau sore hari.

Kue Bingka

Kue bingka adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari campuran tepung beras, gula, santan, dan telur, kemudian dipanggang hingga matang. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan manis, dan sering dihidangkan sebagai camilan atau hidangan penutup.

Getuk Lindri

Getuk lindri terbuat dari ketan dengan gula merah. Biasanya dibentuk bulat dan dilumuri dengan kelapa parut. Rasanya manis dan lembut, cocok untuk cemilan di sore hari.

Kue Leker

Kue leker adalah kue tipis yang terbuat dari campuran tepung terigu, telur, gula, dan susu, kemudian dipanggang hingga menjadi renyah. Di Bogor, kue leker sering dijual di pinggir jalan atau di sekitar tempat-tempat wisata.

Kue Ongol-Ongol

Kue ongol-ongol adalah kue manis yang terbuat dari tepung beras, gula, santan, dan daun pandan, kemudian dikukus hingga matang. Di Bogor, kue ini sering dijual di pasar tradisional atau warung kopi.

Kue Nopia

Kue nopia adalah kue khas Bogor yang terbuat dari adonan tepung terigu, gula, mentega, dan kacang tanah yang dibungkus dengan kulit yang tipis dan kemudian dipanggang hingga matang. Kue ini memiliki rasa yang gurih dan manis, dan sering dijadikan sebagai camilan atau oleh-oleh khas dari Bogor.

Kue Cenil

Kue cenil adalah kue manis yang terbuat dari tepung tapioka yang dibentuk bulat kecil dan direbus, kemudian dicampur dengan gula merah cair dan disajikan bersama kelapa parut. Kue cenil memiliki tekstur kenyal dan rasa manis yang lezat, dan sering dijadikan sebagai camilan favorit di berbagai acara.

Kue Cake

Kue ini terbuat dari bahan putih dan kuning telur yang dicampur tepung terigu. baking powder, garam, gula, dan santan yang dipanggang selama 30 menit. Variasi Cake diantaranya cake pisang spekuk, cake tiramisu, cheesecake, cake blueberry strusel, cake moka kacang, cake isi kornet, cake pandan krim keju, cake pisang kismis, cake zebra susu, dan cake chifon ketan hitam.

Cake Puding

Untuk bahan hampir sama dengan kue lainnya hanya saja ditambahkan dengan agar-abar bubuk sehingga nantinya akan terasa perbedaan tekstur di dalamnya. variasi cake puding diantaranya taitu kombinasi, koktail, kabocha, espresso, mozaik, tar, tape ketan hitam, mangga markisa, gateu african, dekoratif, viola, tuti fruti, neapolitan, pandan nangka, lapis nanas, kristal strawberry, karamel, black forest, princess, dan moka kupu.

Selain daftar kue diatas, masih banyak lagi kue khas ramadhan yang ada di bogor seperti green tea cream praline, kue kering keju, nastar jambu mete, krans sagu keju, donat kacang mete, kue stroberi, talam trio, mini roll horn, moskovis buah, tiramisu kukus, sacher torte, bluder tape, dan lain sebagainya.

Nah, itu tadi beberapa contoh kue manis di Bogor yang patut untuk dicoba. Rasakan kenikmatan cita rasa khas Indonesia dalam setiap gigitannya dan nikmati kelezatan kue-kue manis yang menggugah selera! Yuk, jajal satu per satu dan temukan favoritmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *