Tips Cara Merawat Sepatu Agar Awet dan Terlihat Seperti Baru Terus

Informasi27 Views

Siapa yang nggak mau sepatunya tahan lama dan selalu terlihat baru, kan? Nah, biar sepatumu awet, Cimanggu Bogor punya beberapa tips simpel cara merawat sepatu olahraga agar awet nih. Tapi sebelumnya, Kamu juga perlu tahu beberapa penyebab sepatu cepat rusak di bawah ini.

Penggunaan Sepatu Terlalu Kasar

Penyebab utama sepatu cepat rusak adalah penggunaan yang terlalu kasar. Misalnya, dipakai untuk berlari atau bermain olahraga tanpa memperhatikan jenis sepatu yang tepat. Jika sepatu tidak sesuai dengan aktivitasnya, maka bisa cepat rusak.

Perawatan Sepatu Kurang Tepat

Sepatu juga membutuhkan perawatan. Jika kita malas membersihkan atau merawatnya, debu dan kotoran bisa menumpuk dan merusak material sepatu. Pastikan untuk membersihkan sepatu secara teratur dan menyimpannya di tempat yang tepat.

Kualitas Bahan Sepatu Jelek

Sepatu dengan kualitas bahan yang kurang bagus juga rentan cepat rusak. Misalnya, sepatu dengan kulit sintetis yang cepat mengelupas atau sol yang mudah terkelupas. Pilihlah sepatu dengan bahan yang berkualitas agar lebih tahan lama.

Sepatu Dipaksa Digunakan untuk Semua Kondisi Cuaca

Cuaca juga bisa mempengaruhi keawetan sepatu, lho! Misalnya, sepatu kanvas atau suede rentan rusak jika terkena air hujan atau kelembaban yang tinggi. Jika cuaca sedang buruk, sebaiknya gunakan sepatu yang lebih tahan terhadap air.

Penyimpanan Sepatu yang Salah

Cara menyimpan sepatu juga berpengaruh, Sobat! Jangan disimpan di tempat yang lembap atau terkena sinar matahari langsung karena bisa merusak bahan sepatu. Gunakan rak atau tempat penyimpanan yang sesuai agar sepatu tetap dalam kondisi baik.

cara merawat sepatu safety agar awet
cara menyimpan sepatu safety agar awet

Daftar Kerusakan Pada Sepatu Yang Sering Ditemukan

Sebelum kita membahas cara merawat sepatu bola agar awet. Kamu perlu tahu kalau ada banyak jenis kerusakan pada sepatu yang kamu gunakan. Berikut beberapa diantaranya.

Sol Sepatu yang Terkelupas

Kerusakan yang pertama adalah sol sepatu yang terkelupas. Ini sering banget terjadi, terutama pada sepatu yang udah lama dipakai. Sol yang terkelupas bisa membuat sepatu jadi nggak nyaman dipakai dan bisa membahayakan keselamatan kita. Cara mengatasinya, tinggal bawa ke tukang sepatu terdekat untuk direkatkan kembali.

Bahan Sepatu Sobek atau Bolong

Kerusakan selanjutnya adalah bahan sepatu yang sobek atau bolong. Ini bisa terjadi karena sering terkena gesekan atau tekanan yang keras. Jika sobekannya kecil, kita bisa menggunakan lem sepatu khusus untuk merekatkannya. Tapi jika sobekannya besar, sebaiknya kita bawa ke tukang sepatu agar diperbaiki dengan benar.

Lapisan Dalam Aus atau Sobek

Lapisan dalam sepatu yang aus atau sobek juga bisa mengganggu kenyamanan kita saat memakai sepatu. Selain itu, bisa juga membuat kaki kita terluka karena gesekan dengan bagian dalam sepatu yang kasar. Solusinya, kita bisa membeli insole atau lapisan dalam sepatu baru yang lebih nyaman atau menggantinya di tukang sepatu.

Tali Sepatu yang Putus atau Patah

Tali sepatu yang putus atau patah juga sering terjadi, terutama jika kita sering mengikat sepatu dengan terlalu kencang. Cara mengatasinya, tinggal ganti dengan tali sepatu yang baru dan lebih kuat atau menggunakan teknik mengikat sepatu yang lebih ramah terhadap tali sepatu.

Bau Sepatu yang Tak Sedap

Terakhir, bukan kerusakan fisik, tapi kerusakan yang bikin sepatu jadi nggak nyaman dipakai: bau yang tak sedap. Ini biasanya disebabkan oleh keringat dan kotoran yang menumpuk di dalam sepatu. Cara mengatasinya, cukup bersihkan sepatu secara rutin dan gunakan pengharum sepatu agar tetap segar.

cara merawat sepatu pantofel agar awet
cara menyimpan sepatu supaya awet

Cara Menjaga Sepatu Agar Tetap Awet

Sesudah kamu tahu apa penyebab kerusakan sepatu maka tahap selanjutnya adalah tahu tentang cara membuat sepatu menjadi awet. Berikut tips cara membuat sepatu awet yang bisa kamu praktekkan ketika menggunakan sepatu.

Bersihkan Secara Rutin

Tips pertama yang penting banget adalah rajin membersihkan sepatumu, Sobat. Setelah dipakai, pastikan untuk membersihkan kotoran atau debu yang menempel di permukaan sepatu. Gunakan sikat halus dan air sabun untuk membersihkannya, lalu keringkan dengan lap kering.

Hindari Penggunaan Sepatu Terlalu Kasar

Hindari penggunaan sepatu untuk kegiatan yang terlalu kasar atau berat, ya. Misalnya, jangan pakai sepatu olahraga untuk kegiatan sehari-hari yang mengharuskanmu berjalan jauh di permukaan yang kasar. Hal ini bisa membuat sepatumu cepat rusak.

Simpan Sepatu dengan Benar

Cara menyimpan sepatu juga berpengaruh, loh! Usahakan untuk menyimpan sepatu di tempat yang kering dan ventilasi baik. Gunakan rak atau tempat penyimpanan yang khusus untuk sepatu agar tidak terkena debu atau kotoran yang bisa merusak bahan sepatu.

Gunakan Pelindung dan Perawatan Sepatu Tambahan

Untuk sepatu yang lebih berharga atau memiliki bahan yang rentan, kamu bisa menggunakan pelindung sepatu atau perawatan tambahan seperti semir atau waterproofing spray. Hal ini bisa membantu melindungi sepatumu dari kotoran, air, atau benturan.

Ganti Sol atau Hak yang Sudah Aus

Jika bagian sol atau hak sepatumu sudah mulai aus atau rusak, segera ganti dengan yang baru. Jangan biarkan sepatu dipakai dengan sol atau hak yang rusak karena bisa membuat sepatumu cepat rusak dan tidak nyaman dipakai.

Nah, itu tadi beberapa tips sederhana cara bikin sepatu awet dan tampak baru. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, sepatumu bisa tahan lama dan selalu siap menemanimu dalam setiap langkah! Yuk, mulai praktikkan tips cara buat sepatu awet di atas dan jaga sepatumu dengan baik! Kalau kamu belum punya sepatu bisa mampir klik toko sepatu bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *