Jejak Peninggalan Pabrik Semen Di Gunung Kapur Klapanunggal

Posted on

Bogor adalah surga wisata bagi para pecinta alam. Karena tidak hanya curug, gunung dan sungainya yang menawan, tersedia pula gua-gua yang menarik untuk dikunjungi. Namun dalam kesempatan ini, gua terbentuk bukan hanya karena campur tangan alam. Melainkan, dibantu pula oleh campur tangan manusia.

Gua ini berada di Gunung Kapur Klapanunggal di daerah Cileungsi Bogor. Tentunya, Anda akan bingung bagaimana sebuah gua dapat terbentuk karena adanya campur tangan manusia?

Sebenarnya tidak hanya Anda yang penasaran dengan hal tersebut. Karena banyak orang yang terkagum dan penasaran dengan gua yang dibuat dengan campur tangan manusia tersebut. Namun untuk menghilangkan rasa penasaran tersebut, sebaiknya segera kunjungi tempat ini dan ketahui jawabannya. Walaupun tidak mendatangi tempat ini, kami akan sampaikan alasan terbentuknya gua tersebut. Sehingga, menambah ketertarikan untuk mendatangi tempat ini.

Tebing Kapur Kelapanunggal dan Proses Terbentuknya

Untuk membantu menebus rasa penasaran Anda, akan dijelaskan bagaimana proses terbentuknya gua tersebut. Menurut informasi yang didapat, gua dan gunung ini tercipta karena adanya rencana pembangunan pabrik semen. Namun, karena terdapat penolakan dari masyarakat dan mahasiswa pecinta alam. Rencana pembangunan pabrik semen tersebut gagal dan hanya menyisakan gunung dan goa kapur di sini.

Lahan yang ditinggalkan oleh pabrik semen tersebut cukup tinggi, terbukti terdapat beberapa spot yang dapat dikunjungi di sini. Banyak orang yang mengatakan, bahwa tempat ini ditinggalkan pada tahun 1980an. Jika diperhitungkan hingga saat ini, tentu kawasan telah ditinggalkan dalam jangka waktu yang lama. Walaupun sudah cukup lama, masih terdapat ketakutan masyarakat karena sewaktu-waktu pabrik semen dapat mengambil kembali kapur dan mengambil apa yang telah menjadi hak mereka.

Itulah sekilas informasi tentang proses terbentuknya tempat ini. Jadi dapat disimpulkan, bahwa awalnya tempat ini merupakan sebuah gunung kapur yang luas. Namun, karena terus menerus diambil dan dikeruk, akhirnya terbentuklah sebuah tebing, cekungan dan gua di sekitar area. Setelah mengetahui informasi tersebut, sudahkah Anda tertarik mendatangi tempat ini? jika demikian, sebaiknya ikuti beberapa tips ini.

Tips Berwisata Di Tambang Kapur Klapanunggal

Berikut ini beberapa tips yang dapat dijalankan untuk berwisata di tempat ini dengan lebih nyaman. Kiranya, tips ini dapat menjadi pertimbangan apakah akan beriwisata dengan aman atau sebaliknya. Lihat juga gunung munara parung.

  1. Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Untuk Anda yang tidak senang berpanas-panasan, sebaiknya gunakan pakaian panjang untuk mendatangi tempat ini. Karena area merupakan tempat yang panas dan tidak ingin kulit menghitam disarankan untuk menjalankan tips ini. Untuk pelengkapnya, sebaiknya gunakan topi sehingga tidak kepanasan.

  • Datang Pada Hari Kerja

Karena tempat wisata ini sudah sangat go public, penting untuk memperhatikan waktu berkunjung. Disarankan, untuk mendatangi tempat ini pada saat hari kerja untuk waktunya datanglah pada pagi hari. Karena pada waktu inilah, tempat wisata nampak lebih sepi dan Anda dapat menikmatinya seolah milik pribadi.

  • Menggunakan Sunblock

Tidak hanya menggunakan pakaian panjang, perhatikan pula kesehatan kulit untuk berkunjung ke sana. Gunakanlah sunblock untuk mendatangi tempat ini. Karena sinar matahari yang ada di tempat ini sangatlah menyengat dan akan menganggu kulit jika tidak menggunakan sunblock. Tentunya, tidak inginkan harus merelakan kulit putih hanya untuk mendatangi tempat ini?

  • Mengendarai Motor

Karena merupakan bekas sebuah pabrik semen sangat banyak pasir ditempat ini. Jalan raya yang dibuat pun belum begitu baik. Karenanya, kami sarankan untuk menggunakan motor saat berecana mendatangi tempat ini. Namun bila tetap ingin menggunakan mobil, Anda tetap bisa menggunakannya. Namun, harus bersiap untuk berjalan kaki selama beberapa menit untuk mencapai tempat wisata.

  • Memarkir Kendaraan Dengan Kunci Ganda

Masyarakat sekitar mengatakan tempat ini memanglah aman untuk meninggalkan kendaraan. Namun, untuk menjaga keamanan pastikan untuk menggunakan kunci ganda pada kendaraan. Jangan lupa berikan pula upah untuk penjaga parkir yang ada di area. Sehingga, mereka dapat menjaga kendaraan Anda dengan benar.

Beberapa rekomendasi diatas bisa dijadikan sebagai persiapan untuk mendatangi gua kapur ini. Jika perjalanan wisata dilakukan dengan mengikuti tips ini dipastikan tidak akan ada gangguan yang terjadi. Setelah mengetahuinya, tiba waktunya membuat Anda semakin tertarik dan ingin segera mendatangi tempat ini dengan menginformasikan segala keindahan yang ada di gunung kapur ini.

Keindahan Alam di Gua dan Gunung Kapur Cileungsi Bogor

Keindahan alam adalah hal yang paling dicari saat merencanakan liburan. Karena keindahan inilah yang dapat membantu untuk melepaskan penat dan memberikan semangat baru untuk memulai pekerjaan. Karenanya muncul pertanyaan tentang keindahan apakah yang diberikan oleh gunung kapur ini? Aktivitas apa saja yang dapat dilakukan di tempat ini? Semua jawabannya akan dijawab dalam artikel ini.

  1. Beraktifitas dengan leluasa

Banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan ditempat ini, namun yang paling menyenangkan adalah menikmati keindahan alam yang tersedia. Untuk langkah pertamanya, sebaiknya datangi tebing-tebing kapur yang nampak bagikan bangunan indah. Dari ketinggian ini, pengunjung dapat melihat keadaan alam sekitar, termasuk beberapa cekungan yang tercipta karena proses pengerukan. Cekungan inilah yang akhirnya menciptakan kolam dengan air berwarna hijau.

  • Spot foto instagramable

Bagi Anda yang ingin menggunakan momen untuk berfoto atau melakukan kegiatan seni lainnya lakukanlah. Karena di tempat ini terdapat spot-spot menarik yang dapat dijadikan tempat untuk berfoto. Selain membuat akun media sosial menjadi ramai dikunjungi, melakukan pengambilan gambar akan membantu mendatangkan banyak pengunjung ke tempat ini. Karenanya, kami sarankan membawa kamera terbaik untuk mengambil gambar.

  • Bisa dijadikan background preweding

Tidak hanya untuk menikmati keindahan, banyak pasangan yang mendatangi tempat ini untuk mengabadikan momen pre wedding. Tidak heran, karena spot-spot di tempat ini sangat jarang dikunjungi. Tentunya, sangat cocok untuk diabadikan bersama momen yang tidak akan terulang kembali. Anda dapat menjadikan cekungan sebagai spot ataupun memanfaatkan lubang-lubang gua sebagai tempat terbaik.

  • Banyak gua kecil di sekitar tebing

Beralih dari tebing, manfaatkanlah kesempatan untuk mendatangi gua disekitar tebing. Walaupun awalnya tidak terlihat menarik, setelah masuk ke dalamnya Anda akan dipuaskan dengan banyak keindahan. Salah satunya, keunikan stalagmit dan stalagtit yang terbentuk didalam gua. Ataupun celah-celah didalam gua yang terjadi karena erosi. Tentunya momen ini sangat sulit dinikmati karena jarang terjadi di tempat lain.

  • Air terjun

Sebagai penutup, sempatkanlah untuk mendatangi air terjun yang ada di bibir tebing. Air terjun ini tidaklah sederas air terjun yang ada di curug. Airnya pun tidak menciptakan adanya kolam. Namun, air terjun mungil ini sangat membantu untuk menambah keindahan area. Untuk melengkapi pilihan foto yang menghiasi media sosial Anda, sebaiknya abadikan juga momen di tempat ini. Lihat hutan pinus di gunung pancar sentul

Banyak harapan yang tercipta untuk kelestarian tempat ini. Diantaranya, harapan agar tebing tidak dirubuhkan. Namun seiring dengan harapan, pengunjung diharap dapat menjaga kebersihan di gunung kapur klapanunggal agar tempat tetap lestari dan dapat terus dinikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *