Daftar Fasilitas Pendidikan Kampus dan Sekolah di Tanah Sareal

Posted on

Nama kawasan ini memang sudah tertanam di benak warga bogor sebagai salah satu nama daerah kecamatan. Memang sedikit aneh bila kota bogor memiliki 6 kecamatan dengan 5 kecamatan dinamakan sesuai arah mata angin namun ada satu kecamatan yang tidak ada nama bogornya. Ya, tanah sareal nama daerah ini membentang luas dari gor pajajaran sampai jalan baru arah ke parung.

Sejarah daerah ini konon bermula dari era kolonial dimana daerah ini pada waktu itu ditawar oleh saudagar arab seharga satu real atau sa-real per meter sehingga kemudian daerah tersebut dikenal oleh warga dengan sebutan tanah sareal. Sebenarnya kawasan kecamatan ini dulunya tidak seluas seperti sekarang karena ada sebagian wilayah kabupaten yang diserahkan ke kota bogor.

Tanah sareal sekarang menjadi kawasan di bogor yang pertumbuhan ekonominya sangat cepat. Didorong pembangunan infrastruktur seperti jalan tol dan rencana pembangunan stasiun kereta api membuat daerah ini sudah mulai dibangun perumahan dan apartemen baru serta mall juga pusat perbelanjaan modern. Kecamatan tanahsareal terdiri dari beberapa kelurahan diantaranya Mekarwangi, Sukadamai, Sukaresmi, Tanahsareal, Kayumanis, Kebonpedes, Cibadak, Kedungwaringin, Kencana, Kedungjaya, dan Kedungbadak.

Tentunya dengan peningkatan penduduk yang cukup pesat perlu adanya fasilitas pendidikan yang mendukung. Selain faktor kurikulum sekolah, faktor jarak juga menjadi salah satu poin utama yang dipilih oleh para orang tua agar anaknya dapat bersekolah tanpa harus menempuh jarak yang jauh. Jarak sekolah yang dekat dengan rumah membuat orang tua dapat memantau kegiatan anak serta tidak perlu khawatir soal ongkos dan waktu lama perjalanan. Anak jadi bisa pulang ke rumah dengan cepat dan memperoleh waktu istirahat dan belajar di rumah lebih banyak ketimbang harus menghabiskan waktu di perjalanan hanya untuk bersekolah di pusat kota.

Pusat edukasi tanah sareal didominasi oleh lembaga pendidikan negeri, swasta umum dan berbasis agama islam karena mayoritas masyarakat di tanah sareal beragama islam. Berikut ini adalah daftar institusi pendidikan yang berlokasi di sekitar kecamatan tanah sareal.

Sekolah Dasar di Tanah Sareal

Ada sekitar 31 Sekolah Dasar Negeri di tanah sareal yang tersebar di 11 Kelurahan dibawah koordinasi dinas pendidikan kota bogor. Diantaranya SDN Bubulak yang terletak di Jalan Bubulak, SDN Cibadak di Jl KH Sholeh Iskandar, SDN Kedung Badak di Jl Kolonel Enjo Martadisastra, Portibi Cimanggu Permai dan Bhayangkara Raya, SDN Kedung Jaya di Cimanggu Permai, SDN Sukadamai di Jl Perdana Budi Agung, Situ Pete Pulo dan Suka Damai Indah, SDN Kebon Pedes di Jl Kebon Pedes dan Nusa Indah, SDN Sukaresmi di Jl Kedunghalang Sentral, SDN Tanah Sareal di Jl Mirah Delima Pabaton Indah dan Ahmad Yani Belakang, SDN Kayumanis di Jl Pool Binamarga dan Sumurwangi, SDN Kedung Waringin di Gg Masjid Jalan Johar, SDN Kencana di Jl Ahmad Sayani, Bukit Cimanggu Villa, dan Kebon Kelapa, SDN Pondok Rumput di Ponrum Bondes, SDN Kukupu di Jl Baru Kampung Seremped, Jl Kukupu, dan Jl Prapatan, SDN Situpete di Jl Suka Damai, SDN Julang di Jl Julang, serta SDN Cimanggu di Jl Perikanan Darat.

SD Negeri Cimanggu Tanah Sareal

Jika orang tua ingin anaknya belajar dengan bukan metode biasa seperti ada tambahan ilmu agama atau keterampilan khusus maka sekolah sd swasta tanah sareal bisa menjadi pilihan, berikut adalah daftar sekolah swasta untuk anak di tanah sareal.

  • Bina Insani Jl. Kh. Sholeh Iskandar
  • Tunas Pertiwi Bukit Cimanggu City
  • Abdullah Bin Nuh (Sdit Abn) Taman Cimanggu
  • Yapis Jalan A Yani
  • Bina Tunas Cemerlang Re Martadinata
  • El Mamur Cimanggu Barata
  • Al-azhhar Ahmad Yani
  • At Taufiq Cimanggu Permai
  • Al Munawar Bogor Jalan Pemuda
  • Ar Rohmaniyah Ahmad Syahyani Mekarwangi
  • Sentana Montesori School Jalan Beo
  • Sinar Indonesia Kukupu Cibadak
  • Al-yasmin 2 Cilebut Jembatan
  • Al-akhyar Kp. Kalimurni Kencana
  • Kreativa Kranji Ujung Sukaresmi
  • Utsmanil Hakim Kp. Munjul

Sekolah Menengah Pertama di Tanah Sareal

Ada 4 SMP Negeri sekitar Tanah Sareal menjadikan semua SMPN favorit tersebut termasuk SMP bogor unggulan sehingga supaya anak bisa menjadi siswa di sekolah tersebut perlu nilai akademik dan skill yang mumpuni. SMPN Tanah Sareal diantaranya yaitu SMP Negeri 8 di Jl A Yani, SMPN 5 Bogor di Jalan Dadali, SMP 16 Bogor di Jalan Baru Kayumanis serta SMPN 12 di Jalan Pemuda. Semua SMP Tanah Sareal yang negeri memiliki fasilitas sarana lengkap dalam mendukung kegiatan belajar mengajar contohnya Lapangan Upacara, Masjid, Pos Satpam / Keamanan, Dapur, Gudang, Kantin, WC / Kamar Mandi, Koperasi, Ruang Pramuka, Piket Guru, Ruang Osis, Ruang UKS dan PMR, Ruang Kesenian, Laboratorium Komputer dan IPA, Ruang Tata Usaha, Ruang Guru, Perpustakaan, Ruang Serbaguna, Ruang BK / Bimbingan Konseling, Ruang Kurikulum, serta Ruang Kepala Sekolah dan Wakilnya.

SMP Dubelz Bogor

Selain sekolah negeri diatas, ada SMP Swasta tanah sareal yang bisa menjadi alternatif jika anak tidak lolos atau tidak mau di smp negeri. Berikut daftarnya

  1. Cimanggu Barata : Al Mamur Islam Terpadu
  2. Munjul : Kreativa
  3. Perdana Raya : Daar En Nisaa Islamic School
  4. Taman Cimanggu : Bina Greha, IT ABN.
  5. Bubulak Santri : Al-Alawiyah Modern
  6. A Yani : Yapis, Tunas Insani.
  7. Enjo Marta Disastra : Siliwangi
  8. Rawa Taman : Daarul Muqurobiin
  9. Cilebut Raya : Al Munir
  10. Kampung Masjid : Yaspera Plus
  11. Sholeh Iskandar : Bina Insani, Al-fatah, PGRI 9.
  12. Cimanggu Permai : At Taufiq

Sekolah Menengah Atas di Tanah Sareal

Terdapat 2 SMAN Unggulan Tanah Sareal yang menjadi favorit bagi orang bogor. Tidak heran karena kedua SMA Negeri ini menjadi langganan prestasi dan juara sampai tingkat nasional juga alumninya banyak yang lulus masuk ke universitas negeri populer nasional. Sekolah yang pertama adalah SMA Negeri 6 Bogor yang berlokasi di Jalan Walet. SMA ini sudah sering berprestasi serta memperoleh penghargaan baik akademis maupun non akademis seperti juara guru favorit nasional, juara pustakawan, penghargaan adiwiyata mandiri, sekolah pendukung paskibraka, juara lomba cepat tepat sejabodetabek, juara LTUB tata upacara bendera, UPZ terbesar sekolah rutin pertama, sekolah pembayar zakat terbesar, juara olimpiade matematika bogor, juara OSN biologi dan kimia tingkat kota, penghargaan guru berprestasi.

Organisasi ekstrakulikuler atau ekskul SMAN 6 juga sering memperoleh penghargaan seperti PMR (pertolongan pertama, cepat tepat, jurnalistik), Paskibra (Perwakilan PPI Kota Bogor, MAC Terbaik LKBB), Badminton (O2SN Kota Bogor), Softball (Madania Cup, Djuanda Cup), Atletik (O2SN), Renang (02SN), Bahasa Inggris (News Casting), Duta Genre, Cerdas Cermat (Festival Pelajar), Wushu (Tingkat Nasional di UI), Taekwondo (Krakatau Steel), dan Puisi / Film / Monolog (FL2SN Kota Bogor).

Smunda Tansa

SMA berikutnya adalah SMAN 2 Kota Bogor dengan alamat di Jl Keranji Ujung dalam komplek Budi Agung. Salah satu SMA Favorit di bogor ini memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang baik serta dukungan kegiatan ekstrakulikuler memadai seperti Osis, Kewirausahaan, Kerohanian, Modern Dance, Seni Rineka, Teater Genta, Softball, Kateda, Olahraga Futsal, Basket, Pecinta Alam, English Club, Palang Merah Remaja, Baksos, PKCM, dan Pramuka.

Selain dua SMA yang berstatus negeri diatas, SMA Swasta di Tanah Sareal juga ada seperti PGRI 3, IT Ummul Quro, Siliwangi, Daar En Nisa Islamic School Bogor, At Taufiq, dan Bina Insani.

Sekolah Menengah Kejuruan di Tanah Sareal

Jika ingin langsung turun ke dunia kerja, tidak ada salahnya untuk bersekolah di SMK. Selain pendidikan dasar, sekolah di SMK akan diajari keterampilan khusus yang langsung dapat digunakan pada dunia kerja nyata sehingga diharapkan para siswa nantinya siap bekerja setelah lulus. SMK Negeri Tanah Sareal hanya satu yaitu SMKN 1 Bogor yang mana merupakan SMK Favorit di Kota Bogor. SMK yang terletak di Jalan Heulang ini telah bekerjasama dengan perusahaan besar dalam pelatihan untuk siswanya seperti Harmony Tour and Travel dan Alfamart. Selain itu, SMK Negeri 1 juga telah memiliki pojok literasi, teaching factory dan penilaian berbasis IT serta menjadi SMK rujukan tingkat nasional untuk uji sertifikasi dan kompetensi profesi. Adapun untuk perusahaan yang bermitra diantaranya yaitu Balai Besar Industri Agro, NutriFood, Toyota Astra Financian Service, Pojok Satu, Kreasi Media Bogor, Taman Buah Mekarsari, Lotte Mart, Padjajaran Suites, Garuda Indonesia, Alfamart, KPP Pratama Bogor, Yogya Bogor Indah Plaza, Ikatan Sekretaris Indonesia, Universitas Ibnu Khaldun, Pusdik Zeni Kodiklat AD, Hypermart Ekalokasari, Gundaling, Kemenady Coffee and Co-Working Space, KPP Pratama Ciawi, Adiwira Plastik Astra Otoparts, Kebun Raya Bogor, Astra Komponen Indonesia, Yogya Bogor Junction, Sumber Alfaria Trijaya, Oke Print, AA Advertising, Creativision, Universitas Pakuan, Bonet, Multigraph, Multivision Printing, Sriwijaya Air, Cargloss, STIKOM Binaniaga, Elang Peradaban Mulia, ASITA, Trijaya Digital Printing, Telkom, Foodmart Fresh Keboen Raya, Bank Tabungan Negara, Nyzzy Advertising, Astra Visteon, Foodreview, dan Berkah Creative Mediatama.

Situasi KBM di Kelas SMKN1 Bogor

Kurikulum yang diajarkan meliputi 5 program keahlian dengan mata pelajaran muatan nasional (bahasa inggris, bahasa asing lainnya, sejarah indonesia, matematika, bahasa indonesia, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, pendidikan agama dan budi pekerti) dan muatan lokal (pendidikan jasmani kesehatan olahraga dan seni budaya) sedangkan untuk muatan peminatan kejuruan yang meliputi kompetensi keahlian, dasar program keahlian, serta dasar bidang keahlian diantaranya sebagai berikut :

  • Multimedia : produk kreatif dan kewirausahaan, teknik pengolahan audio dan video, animasi 2d dan 3d, desain media interaktif, desain grafis percetakan, dasar desain grafis, pemrograman dasar, komputer dan jaringan dasar, sistem komputer, kimia, fisika, simulasi dan komunikasi digital.
  • Usaha Perjalanan Wisata : kewirausahaan dan produk kreatif, pengelolaan mice (meeting, incentive, conference dan exhibition), pemanduan perjalanan wisata, perencanaan dan pengelolaan perjalanan wisata, pemesanan dan penghitungan tarif penerbangan, bahasa asing pilihan, administrasi umum, sanitasi hygiene dan keselamatan kerja, komunikasi industri pariwisata, kepariwisataan, ipa terapan, komunikasi dan simulasi digital.
  • Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran : produk kreatif dan kewirausahaan, otomatisasi tata kelola (humas dan keportokolan, sarana dan prasarana, keuangan, kepegawaian), kearsipan, korespondensi, teknologi perkantoran, ipa, administrasi umum, ekonomi bisnis, simulasi komunikasi digital).
  • Bisnis Daring dan Pemasaran : produk kewirausahaan kreatif, administrasi transaksi, pengelolaan bisnis ritel, bisnis online, penataan produk, perencanaan bisnis, marketing, ipa, administrasi umum, bisnis ekonomi, komunikasi simulasi digital.
  • Akuntansi dan Keuangan Lembaga Negara : produk kewirausahaan kreatif, administrasi pajak, komputer akuntansi, akuntansi keuangan, praktikum akuntansi lembaga instansi pemerintah, praktikum perusahaan manufaktur dagang dan jasa, perbankan dasar, akuntansi dasar, aplikasi pengolah angka spreadsheet, etika profesi, ipa, administrasi umum, ekonomi bisnis, simulasi komunikasi digital.

Selain SMK Negeri diatas, SMK Swasta Tanah Sereal juga cukup banyak diantaranya Informatika Global Nusantara, TI Suryakencana Yapis, Tri Dharma, Analis Kimia Nusa Bangsa, Dwi Putri Husada, Permata, Mekanika, Bogor Muhidin School, Modern Al – Alawiyah, YAK, Intelektual Bangsa, Budi Darma, dan Nusa Widya Mandiri.

Madrasah di Tanah Sareal

Jenjang pendidikan agama dalam bentuk madrasah tanah sareal yang tersedia adalah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah. Untuk Madrasah Ibtidaiyah atau MI diantaranya yaitu Hibrul Ulama, Islamiyah Nurosyidiyah, Raudhathusibyan, Raudlatul Muta Allimin, Mathlaul Anwar, Al Hidayah, Sirojudin, Nurul Amal, Tarbiyathul Athfal, Assasul Islam, Nurul Yaqin, Bahrul Huda, Manbaul Islam, Tarbiyatushibyan, Asibyan Ianatul Huda, Nurul Huda, Al Maarif, Yapendi Taman Cimanggu, I`anatusshibyan, Riyadul Mukhlisin, dan Nurul Islam.

Sedangkan untuk madrasah tsanawiyah di Tanahsareal terdiri dari Sirojul Munir, Nurul Huda, Al Kautsar, Nurrosyidiyah, Tarbiyatussibyan, Manbaul Islam, Al-ahsan, Bani Kholan, Bina Madani, Al-Hamidi, Mathlaul Anwar, Al-muhajirin, Khulafaur Rosyidin, Yapendi. Adapun madrasah aliyah Tanah Sareal hanya satu yaitu Mathlaul Anwar yang berada di Taman Sari Persada.

Pendidikan Anak Usia Dini di Tanah Sareal

Selain jenjang pendidikan formal, agar anak dapat membiasakan diri dalam menempuh pendidikan ada baiknya sebelum usia sekolah dapat diikutkan ke pendidikan pra sekolah seperti paud atau tk / kelompok belajar (kb) dan untuk yang berfokus ke pendidikan agama islam dapat masuk ke RA/BA/TA atau taman athfal, bustanul athfal serta raudhatul athfal. Adapun Paud Tanah Sareal terbaik diantaranya yaitu Al-adiiba, Bai Wera, Nururrahmah, Yatashi, Karimah, Nurul Huda, Pelangi, Al Ghazaly, Nasyrul Islam, Al-ikhlas, Al Falah, Almuflihun, Al Hikmah, At Thariq, Alawiyah, Nurul Maarif, Komimo, Al Mustaqim, Maulana, Ibnu Shina, Anak Sholeh, Awwabin, Al Munir, Al Itisham, IT Islamic Kids Corner, Al Khoeriyah, Al Yasmin, Harapan Bunda, Nurul Islam, Al Hidayah, Anyelir, Yapendi, Almustaqim, Tarbiyatul Islam, Assasul Islam, Darul Muqorobbin, Mutiara Bogor, Bhakti, Al Isro, Anak Ku, Al Falaah, Tarbiyatur Rasyid, Istiqomah, Al-falaah, dan Al Fadl.

Kampus di Tanah Sareal

Fasilitas pendidikan tinggi seperti kampus, akademi dan universitas sekitar tanahsareal ada empat institusi swasta. Yang pertama adalah Universitas Ibn Khaldun atau biasa dikenal dengan sebutan UIKA. Kampus islam yang terletak di Jl KH Sholeh Iskandar ini memiliki program sarjana dan pascasarjana dengan fakultas serta jurusan diantaranya yaitu Pascasarjana (Doktor Pendidikan Agama Islam, Magister Teknologi Pendidikan, Magister Manajemen, Magister Ekonomi Islam, Magister Pendidikan Agama Islam), Ilmu Kesehatan (Kesehatan Masyarakat), Teknik dan Sains (Teknik Informatika, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin), Agama Islam (Bimbingan Konseling Agama Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Ekonomi Syariah, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Ahwal Al Syakhsyiyyah, Pendidikan Agama Islam), Ekonomi Bisnis (Keuangan dan Perbankan, Manajemen, Akuntansi), dan Hukum (Ilmu Hukum). Kampus dengan akreditasi B ini juga memberikan program beasiswa serta fasilitas organisasi kemahasiswaan seperti himpunan mahasiswa, dewan perwakilan, dan badan eksekutif.

Gedung UIKA Jalan Baru

Kampus kedua yaitu Universitas Nusa Bangsa yang biasa disingkat UNB. Kampus swasta yang terletak di jalan baru km.4 ini memiliki fakultas S1 dan S2 dengan program studi ekonomi pembangunan, kehutanan dan penyuluhan kehutanan, matematika dan ilmu pengetahuan alam (FMIPA), Kimia (Lingkungan, Biokimia, Analitik, Organik, Anorganik), Biologi (Bioteknologi, Industri, Lingkungan), Ekonomi (Akuntansi, Manajemen), Pertanian (Agribisnis, Agroteknologi). Untuk biaya kuliah bagi mahasiswa baru terdiri dari biaya sumbangan pembangunan sarana, biaya pendaftaran, dan biaya pra-kuliah.

Kampus selanjutnya yaitu AMIK Bogor yang merupakan singkatan dari Akademi Manajemen Informatika Dan Komputer Bogor. Berlokasi di Jalan Baru, kampus D3 Manajemen Informatika ini menawarkan kelas reguler pagi dan sore sehingga cocok untuk bagi pekerja yang ingin berkuliah. Rincian biaya pendidikan per semester terdiri dari UTS, UAS, Biaya Kuliah, Laboratorium, Praktikum, dan biaya SKS. Sedangkan kampus terakhir adalah Akademi Kebidanan Bogor Husada disingkat Akbid Boda yang masih berlokasi di jalan yang sama dengan berfokus pada program pendidikan kebidanan.

Sedangkan untuk kampus dengan kelas online ada universitas terbuka bogor yang beralamat di jln baru yang memiliki program sarjana FISIP, FEKON, FKIP, dan pascasarjana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *