5 Alasan Bogor Disebut Kota Hujan

Informasi20 Views

Sudah dari sejak zaman dahulu pasti kamu sering dengar dong kalau Bogor disebut sebagai “Kota Hujan”. Nah, kali ini Cimanggu Bogor bakal bahas kenapa bogor hujan terus!

Lokasi Geografis yang Strategis

Bogor terletak di wilayah dataran tinggi dan berada di bawah bayang-bayang pegunungan seperti gunung salak, gunung gede, dan gunung pangrango. Hal ini membuat angin membawa uap air dari Samudra Hindia dan laut jawa tertahan disini, yang kemudian menyebabkan Bogor sering diguyur hujan.

Iklim Tropis Basah

Bogor memiliki iklim tropis basah dengan suhu yang relatif sejuk. Kondisi ini memungkinkan terjadinya hujan sepanjang tahun, terutama di musim hujan pada akhir dan awal tahun antara bulan Oktober hingga Maret.

Topografi yang Berbukit

Topografi Bogor yang berbukit-bukit juga berperan dalam pembentukan pola curah hujan. Hujan cenderung terkonsentrasi di daerah-daerah tertentu yang berada di bawah arah angin.

Pengaruh Angin Muson

Bogor berada di jalur angin muson yang membawa kelembaban dari Samudra Hindia. Angin ini kemudian bertemu dengan pegunungan, sehingga uap airnya terkondensasi menjadi awan hujan yang menyebabkan hujan turun di Bogor.

Kehijauan Kota

Kehijauan Bogor juga berpengaruh dalam meningkatkan jumlah hujan. Pepohonan yang lebat dan taman-taman yang luas membantu mempercepat proses penguapan air dan pembentukan awan hujan.

Jadi, itulah 5 alasan kenapa bogor sering hujan. Meskipun kadang-kadang hujannya bikin jalan macet dan kita harus bawa payung, tapi nggak bisa dipungkiri kalau hujan juga membuat Bogor tetap asri dan hijau, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *