Alasan Penyebab LCD HP Rusak dan Tips Agar Layar Smartphone Awet

Tekno11 Views

Kita semua tentu nggak mau dong layar smartphone kita cepat rusak? Nah, biar layar smartphone kita tetap awet dan tahan lama, namun sebelum membahas agar layar hp awet. Ada baiknya Cimanggu Bogor jelaskan terlebih dahulu apa saja penyebab layar smartphone cepat rusak.

Terjatuh atau Terbentur

Ini penyebab paling umum. Kadang, kita nggak sengaja bawa smartphone di kantong belakang atau pas lagi naik sepeda motor, terus tiba-tiba aja jatuh. Atau mungkin waktu lagi selfie, tangan tiba-tiba goyah dan smartphone jatuh ke lantai. Nah, kejadian kayak gini bisa bikin layar smartphone pecah atau retak, loh.

Tekanan yang Berlebihan

Banyak juga nih yang suka naro barang-barang berat di atas smartphone. Misalnya, kalo lagi duduk di sofa, terus tiba-tiba aja kita taruh tas atau buku di atas smartphone yang ada di saku. Tanpa kita sadari bisa bikin tekanan berlebihan dan merusak layar smartphone, apalagi kalo kita pake benda yang keras.

Paparan Air atau Cairan Lainnya

Nah, yang satu ini juga sering banget terjadi. Misalnya, kita bawa smartphone ke kamar mandi atau ke kolam renang, terus tiba-tiba aja ketabrak atau tercebur ke dalam air. Atau mungkin kita nggak sengaja tumpahin minuman di atas meja yang ada smartphone-nya. Paparan air atau cairan lainnya bisa bikin kerusakan pada komponen dalam smartphone, termasuk layarnya.

Umur Pakai yang Lama

Semua barang pasti punya umur pakai, termasuk smartphone. Kalo udah dipake bertahun-tahun, biasanya performanya bakal mulai menurun, termasuk kualitas layarnya. Meskipun udah dijaga dengan baik, tapi kalo umur pakainya udah tua, bisa aja layarnya tiba-tiba mati atau berfungsi tidak maksimal.

Kualitas Layar yang Kurang Bagus

Terakhir, kualitas layar smartphone juga bisa jadi penyebabnya. Kadang, smartphone dengan harga murah punya layar yang nggak sebagus smartphone dengan harga mahal. Jadi, meskipun kita udah jaga dengan baik, tapi kalo kualitas layarnya kurang bagus, bisa aja layar smartphone kita cepat rusak.

Kalau kamu sudah paham alasan kenapa layar smartphone cepat rusak. Sekarang kita akan bahas apa saja yang biasanya terjadi untuk kerusakan pada layar smartphone

Retak atau Pecah

Entah karena terjatuh, terbentur, atau terlalu ditekan, layar smartphone bisa retak atau bahkan pecah. Jatuh dari ketinggian atau terbentur benda keras bisa membuat layar smartphone langsung pecah berkeping-keping.

LCD Mati atau Bergaris

Kerusakan pada LCD juga sering terjadi. Layar smartphone bisa tiba-tiba mati total atau muncul garis-garis yang mengganggu pada layar. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari kerusakan internal hingga tekanan yang berlebihan pada layar.

Burn-in atau Image Retention

Kerusakan ini biasanya terjadi pada layar OLED atau AMOLED. Burn-in atau image retention terjadi ketika gambar atau tampilan tertentu terpatri secara permanen pada layar. Hal ini bisa terjadi jika tampilan yang sama terus menerus ditampilkan dalam waktu yang lama.

Touchscreen Tidak Responsif

Touchscreen yang tidak responsif bisa sangat mengganggu penggunaan smartphone. Ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti kotoran atau debu yang menumpuk di permukaan layar, kerusakan pada digitizer, atau masalah perangkat lunak.

Anti Gores Pecah dan Goresan Pada Layar

Pelindung layar yang pecah atau tergores juga sering terjadi. Meskipun tidak langsung merusak layar utama, namun kerusakan pada kaca penutup bisa membuat tampilan layar terlihat kurang jelas atau mengganggu.

Untuk mencegah kerusakan tersebut. ada beberapa trik sederhana yang bisa kita terapkan. Yuk, simak tips-tipsnya di bawah ini!

Gunakan Pelindung Layar

Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah memasang pelindung layar. Pelindung layar ini biasanya terbuat dari bahan kaca atau plastik yang kuat, sehingga bisa melindungi layar smartphone dari goresan, debu, dan kotoran. Dengan memasang pelindung layar, risiko kerusakan pada layar smartphone bisa dikurangi secara signifikan.

Gunakan Anti Gores dan Casing Pelindung

Selain memasang pelindung layar, kita juga sebaiknya menggunakan casing pelindung. Casing pelindung ini bisa melindungi seluruh bagian smartphone, termasuk layarnya, dari benturan dan jatuh. Pilihlah casing yang terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama untuk memberikan perlindungan yang maksimal bagi smartphone kita. Kamu bisa beli di Toko Aksesoris Handphone Bogor

Hindari Tempat yang Terlalu Panas atau Lembab

Suhu yang terlalu panas atau lembab bisa merusak layar smartphone, lho. Jadi, usahakan untuk menjauhkan smartphone dari tempat-tempat yang terkena sinar matahari langsung atau tempat yang lembab, seperti kamar mandi atau dapur. Jika terkena cairan, segera bersihkan layar smartphone dengan lap yang lembut dan kering.

Jaga dengan Baik Saat Digunakan

Saat menggunakan smartphone, pastikan kita tidak memegangnya dengan kasar atau mendorong layar dengan tekanan yang berlebihan. Gunakanlah layar smartphone dengan lembut dan hati-hati, serta hindari menekan layar dengan benda-benda keras atau tajam yang bisa merusaknya.

Perhatikan Umur Pakai dan Kualitas Layar

Terakhir, perhatikan umur pakai dan kualitas layar smartphone kita. Meskipun kita sudah merawatnya dengan baik, namun jika umur pakai layar sudah tua atau kualitasnya kurang bagus, risiko kerusakan tetap ada. Jika layar smartphone mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan atau kualitasnya menurun, segera konsultasikan ke layanan purna jual atau service center resmi.

Dengan menerapkan tips di atas, kita bisa menjaga layar smartphone tetap awet dan tahan lama. Ingat, perawatan yang baik akan memperpanjang umur pakai smartphone kita dan membuatnya selalu siap digunakan kapanpun dan dimanapun. Ayo, mulai dari sekarang, jaga smartphone kita dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *