Denah Stasiun Bogor Kota

Jika kamu penumpang yang baru turun dari KRL Bogor Jakarta Kota yang kebingungan saat berada di stasiun bogor maka dapat melihat denah stasiun bogor yang berada di papan pengumuman stasiun.

Denah stasiun bogor berguna sebagai peta informasi yang menerangkan lokasi tempat penting bagi penumpang maupun karyawan stasiun bogor.

Kalau kamu merasa kesulitan dalam menemukan denah stasiun bogor, maka Cimanggu Bogor telah mengambil gambar denah stasiun yang ada di papan pengumuman stasiun serta menuliskan ulang keterangan yang ada pada legenda di denah tersebut.

Peron Stasiun

Peron digunakan sebagai tempat kereta parkir dan menaik turunkan penumpang di stasiun. Peron menjadi lokasi utama dan memakan ruang terbesar di dalam stasiun. Terdapat 8 peron di dalam stasiun bogor yang berada di tengah dengan urutan peron nomor 1 terletak paling timur dekat pintu ke arah taman alun-alun sampai nomor 8 di sisi barat dekat tempat parkiran stasiun bogor.

Pintu Masuk dan Keluar Stasiun

Ada 5 pintu masuk dan keluar di stasiun bogor. Banyaknya pintu stasiun ini dibuat agar arus penumpang dari berbagai sisi stasiun lebih baik dan tidak terlalu padat karena akses bisa melalui sisi barat, selatan, dan timur. Untuk lebih jelasnya berikut daftar pintu masuk dan keluar di stasiun bogor.

Pintu A1 dan Pintu A2

Pintu utama stasiun ini mengarah ke jembatan penyeberangan stasiun yang berada di selatan. Kalau kamu mau menyeberang ke arah taman topi square atau Jln Kapten Muslihat dan ke halte di depan lapas paledang untuk naik angkot 02 ke arah terminal bubulak dan angkot 10 ke arah terminal merdeka bisa melewati pintu ini. Di halte ini kamu juga bisa naik biskita transpakuan K2 yang mengarah ke terminal bubulak.

Pintu A3

Merupakan pintu stasiun bogor yang mengarah ke jalan mayor oking yang berada di sisi barat stasiun. Kamu bisa melewati pintu ini jika kamu ingin naik angkot 12 cimanggu – pasar anyar dan angkot nomor 10 terminal merdeka – bantar kemang.

Halte stasiun bogor juga berdekatan dengan pintu ini sehingga kamu bisa juga naik biskita stasiun bogor terminal ciparigi untuk yang ingin melanjutkan perjalanan ke bogor utara.

Selain halte stasiun, disini juga terdapat area parkir mobil dan motor serta shelter resmi gojek dan grab. Sehingga untuk kamu yang ingin memesan gojek dan grab dari stasiun bogor bisa melewati pintu ini.

Pintu B1 dan B2

Pintu masuk dan keluar stasiun ini terletak di sisi timur yang mengarah ke taman alun-alun. Selain terdapat gate KRL. Disini juga menjadi tempat masuk ke arah peron stasiun KA Pangrango yang melayani rute bogor sukabumi. Sehingga untuk kamu yang ingin ke sukabumi menggunakan kereta pangrango bisa melalui pintu ini.

Pintu Darurat

Selain menjadi pintu masuk dan keluar penumpang, kelima pintu stasiun ini menjadi pintu darurat apabila terjadi situasi darurat yang mengharuskan penumpang untuk segera keluar dari stasiun.

Ruang Kepala Stasiun

Ruangan yang dikhususkan untuk menjadi kantor kepala stasiun bogor atau station master terletak di gedung sisi timur stasiun. Ruangan ini digunakan sebagai ruang kerja dan beristirahat bagi kepala stasiun dalam berdinas.

Ruang Staf Stasiun

Ruangan ini digunakan sebagai tempat untuk bekerja serta beristirahat bagi para karyawan dan staf stasiun bogor dan perusahaan kereta api. Lokasi ruangan ini berada di sebelah pintu tiket masuk selatan dan mesin tiket.

Loket Stasiun

Loket stasiun berfungsi sebagai tempat untuk membeli tiket dan kartu kereta. Loket ini dilayani oleh petugas resmi stasiun dan dapat menerima transaksi secara tunai. Kamu juga bisa melakukan penambahan dana / topup jika kartu kereta kmt kamu sudah habis isinya.

Sayangnya loket stasiun memiliki jam operasional sehingga jika kamu datang terlalu pagi atau terlalu larut malam maka biasanya loket ini tutup. Alternatifnya kamu bisa membeli dan topup kartu kereta di mesin tiket yang tersedia di sebelahnya.

Ada dua lokasi loket di stasiun bogor, yang pertama di sisi selatan dekat tempat parkir kendaraan dan yang kedua terdapat di pintu masuk/keluar dari alun-alun kota bogor.

Ruang Keamanan

Ruangan ini berlokasi di sebelah pintu keluar kereta pangrango yang berada di dekat peron 1. Selain sebagai ruangan operasional bagi para petugas keamanan stasiun dan petugas pengamanan kereta, ruangan ini juga terkadang digunakan sebagai tempat untuk mengamankan dan interogasi oknum serta korban kejahatan yang terjadi di area stasiun atau di dalam perjalanan kereta.

Ruang Petugas Informasi

Ruangan bagi petugas informasi atau announcer stasiun bogor untuk mengumumkan informasi dengan pengeras suara berada di sebelah ruangan kepala stasiun. Setiap pengumuman di stasiun Bogor berasal dari ruangan ini baik pengumuman kereta berangkat, kereta datang, kereta lewat, maupun pemanggilan petugas.

Mesin Tiket

Mesin ini digunakan sebagai alternatif tempat membeli atau top up kartu kereta jika loket tutup. Cara pembeliannya cukup mudah. Kamu dapat menyiapkan uang tunai kemudian memasukannya ke dalam lubang uang dan memilih opsi pembelian kartu kereta sesuai keinginan. Untuk topup, kamu dapat menaruh kartu yang akan diisi lalu memasukan uang tunai sesuai saldo yang akan diisi. Lokasi mesin tiket berada di sebelah loket tiket di sisi selatan dan timur.

Area Berbayar Stasiun

Area berbayar stasiun bogor merupakan area yang hanya dapat dimasuki setelah melakukan tap in kartu pada pintu tiket dan menjadi tempat bagi kereta untuk menaik turunkan penumpang.

Area Bebas Stasiun

Area ini berada di luar pintu tiket seperti lobby dan tempat parkir stasiun. Untuk memasuki area ini tidak perlu melakukan tap in kartu sehingga untuk kamu yang ingin mengantar saja bisa cukup sampai disini.

Pintu Tiket

Gate atau pintu ini menjadi tempat untuk melakukan tap in dan tap out untuk masuk dan keluar area berbayar stasiun. Ada dua lokasi gate tiket yaitu di sisi selatan dan timur stasiun bogor.

Ruang Kesehatan

Ruangan ini berisikan peralatan pertolongan kesehatan serta petugas kesehatan yang akan membantu penumpang jika mengalami kondisi kesehatan yang membutuhkan pertolongan darurat. Lokasi ruangan kesehatan di stasiun bogor terletak di paling ujung sisi timur stasiun.

Ruang Layanan Pelanggan

Ruangan customer service di stasiun bogor berada di dekat gate selatan. Jika kamu membutuhkan informasi, kritik, ataupun keluhan tentang stasiun dan kereta bisa datang ke tempat ini. Kamu juga bisa kesini untuk melaporkan kehilangan barang akibat tertinggal atau tertukar.

Minimarket, Restoran dan Kafe

Kamu tidak akan kesulitan menemukan minimarket, kafe, dan restoran di stasiun bogor karena hampir di semua sisi stasiun bogor. Untuk lebih jelasnya bisa baca artikel daftar toko di stasiun bogor.

Mushola Stasiun Bogor

Bagi umat islam yang belum sempat sholat namun terburu-buru mengejar jadwal pemberangkatan kereta maka bisa beribadah di mushola stasiun yang berada dekat peron 8 di sebelah toilet. Di depan mushola yang cukup nyaman ini juga disediakan tempat wudhu dan tempat menyimpan sepatu.

Toilet Stasiun

Lokasi toilet pria dan wanita berada di dekat musholla dan peron 8 stasiun. Kamu juga bisa menemukan toilet lainnya di ujung sisi timur stasiun yang lebih jauh dan biasanya digunakan penumpang kereta pangrango.

Dilihat dari denah, stasiun bogor sebagai salah satu stasiun besar yang melayani perjalanan KRL rute jabodetabek cukup baik dan perlu ditingkatkan lagi. Kalau ingin menarik uang di stasiun, kamu bisa membaca artikel daftar atm di stasiun bogor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *