10 Tips Agar Anak Mau Makan Nasi dan Sayur Sendiri

Keluarga11 Views

Para orang tua muda yang baru punya anak pertama pasti belum berpengalaman dan bingung caranya bikin anak mau makan dengan lahap?

Tips Agar Anak Mau Makan Banyak Sendiri

Kebetulan Cimanggu Bogor ingin membagikan beberapa tips agar anak mau makan sendiri baik itu makan nasi, sayur, ataupun daging yang tentunya bakal bikin si kecil tetap sehat dan senang tiap kali makan!

Buat Makanan Jadi Seru

Si kecil pastinya masih suka bermain. Coba deh buat makanan jadi lebih seru! Bikin bentuk-bentuk lucu dari makanannya, kayak bentuk mainan atau binatang yang anak suka.

Kamu juga bisa coba maikan perpaduan warna-warni makanan biar lebih menarik buat anak.

Ajak Anak Ikutan Masak

Anak-anak seneng banget kalo diajak bantuin masak. Mulai dari ngulek, ngiris, atau ngaduk-aduk bahan makanannya.

Mereka pastinya bakal lebih tertarik buat nyobain makanan yang udah mereka bantuin masak.

Berikan Pilihan Variasi Makanan

Kasih si kecil pilihan makanan. Tanya dia mau makan apa hari ini. Biar dia merasa punya kendali dan lebih semangat buat makan.

Buat Jam Makan Menjadi Ritual Menyenangkan

Bikin jam makan jadi momen yang ditunggu-tunggu. Ajak si kecil untuk duduk bersama keluarga dan ngobrol-ngobrol ringan. Suasana yang nyaman bakal bikin si kecil lebih enjoy makan.

Berikan Contoh yang Baik untuk Anak

Anak-anak suka meniru orang terdekatnya termasuk orang tuanya. Jadi, tunjukkan contoh yang baik dengan makan bersama-sama dengan porsi yang seimbang dan variasi makanan yang cukup.

Jangan Paksa Anak Makan

Jangan pernah paksa anak untuk makan. Ini bisa bikin mereka jadi makin ogah. Biarkan mereka merasakan lapar dan kenyang secara alami.

Jangan Mengimingi Anak Makan Dengan Hadiah

Jangan suka menawarkan anak makanan dengan iming-iming hadiah karena bisa bikin si kecil nanti ngarepin hadiah terus kalo mau makan.

Berikan Cerita Singkat Sambil Makan

Jelaskan pentingnya makanan sehat dengan bahasa yang dia mengerti. Misalnya, bilang kalau sayur dan buah bikin tubuhnya kuat kayak pahlawan.

Perhatikan Waktu Makan Anak

Pastikan jadwal makan anak teratur. Jangan sampai mereka makanan ketika anak sudah sangat kelaparan atau anak masih merasa kekenyangan.

Tetap Sabar dan Selalu Konsisten

Terakhir, yang paling penting adalah sabar dan konsisten. Jangan pernah memarahi anak karena hanya anak tidak mau makan. Mungkin ga langsung berhasil, tapi teruslah mencoba dan jangan menyerah.

Penyebab Anak Tidak Mau Makan

Ketahuilah sebetulnya anak yang normal akan mencari makanan ketika lapar. Tapi Terkadang anak yang enggak mau makan bisa jadi bikin orang tua jadi khawatir, Berikut ini beberapa penyebab kenapa si kecil bisa jadi ogah makan:

Gangguan Kesehatan

Kadang-kadang si kecil enggak mau makan karena lagi ngalamin sakit atau gangguan kesehatan lainnya. Mungkin mereka merasa tidak nyaman di bagian tubuh tertentu atau punya masalah pencernaan. Kamu bisa tanya ke anakmu alasannya dan segera hubungi dokter bila anak merasa nyeri pada bagian tertentu saat makan.

Perubahan Fase Pertumbuhan

Bagian tubuh anak mengalami masa tumbuh kembang. Jadi, kadang-kadang mereka bisa kehilangan selera makan karena lagi tumbuh gigi atau ada bagian tubuh lainnya yang tumbuh secara umum.

Kebosanan

Si kecil juga bisa bosan dengan makanan yang itu-itu aja. Kadang-kadang mereka perlu variasi dalam menu makanannya biar tertarik buat makan.

Gangguan Psikologis

Ada juga anak-anak yang enggak mau makan karena lagi ngalamin stres, cemas, atau punya masalah psikologis lainnya. Lagi-lagi kamu harus tanya ke anaknya apakah mengalami trauma pada saat makan.

Gangguan Sensitivitas

Beberapa anak punya sensitivitas yang tinggi terhadap rasa, tekstur, atau aroma makanan. Jadi, mungkin mereka enggak mau makan karena merasa tidak nyaman dengan makanan tersebut.

Kebiasaan yang Salah

Kebiasaan makan yang enggak sehat, kayak sering makan cemilan atau minuman manis, juga bisa bikin si kecil enggak mau makan makanan yang sehat.

Kontrol Orang Tua yang Berlebihan

Kontrol yang berlebihan dari orang tua, kayak maksa anak buat makan banyak atau maksa mereka makan makanan yang mereka enggak suka, juga bisa jadi penyebabnya.

Gangguan pada Sistem Pencernaan

Beberapa gangguan pada sistem pencernaan, seperti sembelit atau alergi makanan, juga bisa bikin anak enggak mau makan.

Itulah sepuluh tips cara anak agar mau makan nasi. Ingat, yang penting bukan hanya seberapa banyak mereka makan, tapi seberapa sehat dan bahagia mereka saat makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *