6 Tips Agar Cepat Gemuk dan Sehat Secara Alami

Kesehatan10 Views

Punya tubuh yang kurus membuat sebagian orang merasa kurang percaya diri. Kalau kamu termasuk yang ingin menambah berat badan dengan cepat tapi bingung harus mulai dari mana, jangan khawatir!

Tips Agar Cepat Gemuk Ideal untuk Pria dan Wanita

Cimanggu Bogor bakal bahas beberapa tips agar cepat gemuk yang sehat secara alami yang bisa kamu coba tanpa harus ribet.

Konsumsi Makanan Tinggi Kalori

Mulailah dengan meningkatkan asupan kalori harianmu. Pilih makanan yang kaya akan kalori dan nutrisi, seperti kacang-kacangan, alpukat, susu full cream, daging, dan karbohidrat kompleks seperti nasi, roti, dan pasta.

Sering Makan dalam Porsi Besar

Jangan hanya tiga kali sehari, coba untuk makan lebih sering dengan porsi yang lebih besar. Perbanyak jadwal makanmu menjadi lima atau enam kali sehari dengan porsi yang lebih besar dari biasanya.

Ngemil Makanan Ringan Saat Waktu Luang

Jika kamu sibuk dan tidak punya waktu untuk makan besar, jangan lupa untuk menyelipkan camilan tinggi kalori di antara waktu makan utama. Camilan seperti kacang-kacangan, buah kering, dan yogurt bisa menjadi pilihan yang baik.

Tetap Rutin Olahraga dengan Melatih Kekuatan

Meskipun kamu ingin menambah berat badan, tetaplah aktif dengan berolahraga. Tapi, fokuslah pada latihan kekuatan seperti angkat beban, bukan hanya kardio. Latihan kekuatan dapat membantu membangun massa otot yang akan membuat tubuhmu terlihat lebih berisi.

Pilih Minuman Tinggi Kalori

Hindari minuman ringan atau diet. Ganti dengan minuman tinggi kalori seperti jus buah, susu kental manis, atau smoothie dengan tambahan protein dan lemak sehat.

Istirahat yang Cukup

Tubuhmu membutuhkan waktu untuk memulihkan diri dan memperbaiki jaringan otot setelah latihan. Pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup setiap malam, idealnya tujuh hingga delapan jam supaya proses penambahan berat badanmu berjalan dengan optimal.

Penyebab Badan Tidak Mau Gemuk

Kehadiran berbagai jenis tubuh dalam masyarakat seringkali membuat kita merasa tertekan ketika tubuh kita tidak sesuai dengan standar kecantikan atau ideal di tengah masyarakat.

Bagi sebagian orang, tantangan terbesar bukanlah berjuang untuk menurunkan berat badan, tetapi justru untuk menambah berat badan.

Jika kamu merasa bahwa tubuhmu sulit untuk gemuk, ada beberapa penyebab yang mungkin menjadi faktor penyebabnya:

Genetika

Gen memiliki peran besar dalam menentukan bentuk tubuh seseorang. Ada banyak orang yang punya metabolisme cepat dan sulit menambah berat badan meskipun makan dalam jumlah besar. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor genetik yang memengaruhi metabolisme dan distribusi lemak dalam tubuh.

Metabolisme Cepat

Metabolisme yang cepat bisa menjadi salah satu alasan mengapa seseorang sulit menambah berat badan. Metabolisme yang cepat berarti tubuh mampu membakar kalori dengan cepat, bahkan saat sedang istirahat. Sehingga, meskipun kamu makan dalam jumlah besar, tubuh tidak memiliki cukup waktu untuk menyimpan kalori sebagai lemak.

Kurangnya Asupan Kalori

Beberapa orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya tidak mengonsumsi cukup kalori setiap hari untuk menambah berat badan. Pola makan yang tidak teratur atau kurangnya variasi dalam makanan juga dapat menyebabkan tubuh sulit untuk gemuk.

Punya Penyakit Medis

Ada beberapa kondisi medis seperti hipertiroidisme, diabetes tipe 1, gangguan pencernaan, atau penyakit kronis lainnya yang dapat menyebabkan seseorang sulit menambah berat badan. Jika kamu merasa bahwa penambahan berat badanmu terkait dengan masalah kesehatan, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Aktivitas Fisik yang Tinggi

Orang yang memiliki gaya hidup yang sangat aktif atau berolahraga secara intens akan sulit menambah berat badan karena jumlah kalori yang mereka bakar lebih banyak dari pada yang mereka konsumsi.

Stres dan Kecemasan Berlebihan

Stres kronis atau kecemasan memengaruhi hormon dalam tubuh dan mengganggu nafsu makan seseorang. Orang yang merasa stres atau cemas cenderung kehilangan nafsu makan atau memilih makanan yang kurang bergizi, yang pada akhirnya dapat menghambat penambahan berat badan.

Ingatlah kamu harus tetap konsisten dan sabar dalam menjalani tips agar cepat gemuk berisi yang sehat diatas. Perubahan tidak akan terjadi dalam semalam, tapi dengan kesabaran dan disiplin, kamu akan melihat hasilnya seiring waktu. Jadi, mulailah langkah kecil hari ini menuju tubuh yang lebih sehat dan berisi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *