10 Tips Cara Menjaga Akun Agar Tidak di Hack

Tekno13 Views

Di zaman serba digital ini, menjaga akun online kita biar nggak di-hack itu penting banget. Mulai dari akun media sosial seperti akun fb, akun ig, akun twitter, atau akun whatsapp maupun akun email seperti gmail dan outlook, sampai akun mobile banking seperti brimo, BSI Mobile, dan BCA mobile semua perlu perlindungan ekstra.

Cara Menjaga Akun Agar Tidak di Hack

Supaya kamu nggak pusing, Cimanggu Bogor bakal bahas cara menjaga akun agar tidak di Hack biar aman dari para maling data!

Gunakan Password yang Kuat dan Unik

Jangan males buat bikin password yang kuat dan unik. Jangan buat password seperti “password” atau “123456” karena bakal mudah ditebak.

Kombinasikan simbol, angka, huruf kecil, dan huruf besar biar lebih aman. Misalnya, “B3rb3l4nj4$afE!” bisa jadi pilihan yang lebih baik. Buat juga password berbeda pada setiap akun.

Aktifkan Verifikasi Dua Langkah (2FA)

Verifikasi dua langkah itu ibarat lapisan pelindung ekstra buat akun kamu. Jadi, selain password, kamu juga perlu kode verifikasi yang biasanya dikirim lewat Whatsapp, SMS atau email.

Jadi, meskipun hacker berhasil tahu password kamu, mereka tetap butuh kode verifikasi yang cuma kamu yang punya. Aktifin 2FA di semua akun penting kamu, ya!

Saat ini juga banyak aplikasi 2FA di handphone android maupun iphone yang terpercaya. Kamu bisa gunakan aplikasi 2A seperti Authenticator App, Microsoft Authenticator, 2FAS, atau Google Authenticator untuk menjaga akun kamu.

Jangan Klik Link Sembarangan

Kadang kita dapet email, iklan atau pesan dari pengirim yang nggak dikenal dengan link yang mencurigakan.

Jangan sembarangan klik link tersebut, karena bisa jadi itu adalah phishing attempt buat mencuri informasi akun kamu.

Selalu periksa alamat pengirim dan jangan langsung percaya kalau ada yang minta informasi pribadi.

Update Software dan Aplikasi Secara Rutin

Seringkali, update software atau aplikasi membawa perbaikan keamanan. Jadi, jangan malas buat selalu update software di komputer, smartphone, atau aplikasi yang kamu pakai. Dengan update rutin, kamu bisa terhindar dari celah keamanan yang mungkin dimanfaatkan hacker.

Gunakan Antivirus dan Firewall

Pasang antivirus dan aktifkan firewall di perangkat kamu. Antivirus bisa membantu mendeteksi dan menghapus malware yang mungkin masuk ke perangkat kamu. Sementara itu, firewall bisa membantu mencegah akses yang nggak sah ke perangkat kamu.

Jangan Menggunakan Wi-Fi Publik untuk Akses Akun Mobile Banking atau Email Penting

Wi-Fi publik emang praktis, tapi juga rawan banget buat jadi target hacker. Kalau terpaksa harus pakai Wi-Fi publik, hindari akses akun penting seperti akun bank atau email.

Kalau bisa, gunakan VPN premium buat nambah keamanan saat kamu harus mengakses internet lewat Wi-Fi publik.

Riwayat akses internet pada Wi-Fi publik sangat mudah terlacak oleh banyak program atau software yang bisa menagkses handphone kamu.

Selalu Logout Setelah Selesai Menggunakan Akun

Setelah selesai menggunakan akun, terutama di perangkat yang bukan milik pribadi, jangan lupa logout agar mencegah orang lain yang menggunakan perangkat yang sama buat masuk ke akun kamu.

Waspada terhadap Pesan atau Email yang Minta Informasi Sensitif

Kalau kamu dapat email atau pesan yang meminta informasi pribadi seperti username, password, atau nomor kartu kredit, hati-hati.

Biasanya, informasi sensitif semacam itu tidak akan diminta lewat email, telpon atau pesan oleh pihak yang resmi. Lebih baik langsung hubungi pihak terkait lewat kontak resmi mereka.

Periksa Aktivitas Akun Secara Berkala

Biasakan buat memeriksa aktivitas akun kamu secara berkala. Banyak layanan yang menyediakan log aktivitas, jadi kamu bisa lihat apakah ada aktivitas mencurigakan yang terjadi di akun kamu. Kalau ada yang aneh, segera ganti password dan laporkan ke pihak terkait.

Gunakan Aplikasi Manajer Password

Kalau kamu punya banyak akun dan susah mengingat semua password, kamu bisa gunakan aplikasi manajer password. Aplikasi ini bisa menyimpan semua password kamu dengan aman, jadi kamu cuma perlu mengingat satu password utama aja.

Menjaga akun biar nggak di-hack sebenarnya nggak terlalu sulit, asal kita selalu waspada dan nggak malas buat mengikuti langkah-langkah keamanan.

Dengan password yang kuat, verifikasi dua langkah, serta kebiasaan online yang baik, akun kamu bakal lebih aman dari serangan. Mulai jaga akun kita dari sekarang biar tetap aman dan nyaman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *