Mitos Misteri Curug Rahong Rumpin Parung Panjang Bogor

Posted on

Hutan bukanlah tempat yang menyeramkan seperti yang dikatakan banyak orang. Karena didalamnya, tersedia beribu keindahan yang merupakan anugerah Tuhan. Salah satunya, Anda akan menemukan sebuah curug didalamnya. Sama halnya dengan keberadaan Curug Rahong yang berlokasi di dalam hutan. Dari kedua hal ini, dapat diketahui bahwa pesona dari curug akan bercampur dengan keindahan hutan sebagai pelengkapnya.

Berbicara mengenai keindahan, tentu tidak akan lepas dari keunikan yang dimilikki oleh setiap curug. Keunikan inilah yang dapat menjual curug tersebut hingga dikenal oleh banyak orang. Sayangnya, tidak banyak orang yang mengetahui apakah keindahan yang dimilikki oleh curug ini.

Sehingga, masih sangat jarang pengunjung yang mendatangi tempat ini. Padahal potensi wisatanya begitu besar dan dapat dieksplor lebih dalam. Lantas, keunikan dan mitos apakah yang terdapat pada curug ini?

Keunikan dan Mitos di Curug Rahong Bogor

Seperti yang disampaikan sebelumnya, keunikan curug bagaikan sebuah identitas yang tidak akan bisa dilepaskan dari pemiliknya. Begitu pula dengan keunikan yang ada di curug ini, dimana curug ini memiliki batu yang menghalangi air turun ke bawah. Hal inilah keunikan yang tidak akan didapatkan jika berkunjung ke tempat lain. Belum usai sampai disana, karena masih terdapat keunikan lain yang tidak Anda dapatkan setelah berkunjung ke tempat ini.

Karena memiliki batu yang mengantung di sekitar air terjun, otomatis air yang turun akan terbelah menjadi dua. Namun kenyataannya, Anda akan melihat bahwa air terjun kembali menyatu. Hal ini yang perlu pengunjung perhatikan, apakah keunikan ini benar ataupun sebaliknya. Sehingga informasi tersebut dapat membantu untuk mengenalkan curug tersebut, hingga didatangi pengunjung. Belum cukup puas dengan keunikan tersebut? Mari mengenal tentang mitos yang ada di area ini.

Menurut penduduk setempat, terdapat mitos yang tinggal di tempat ini. Adapun mitos ini berisikan himbauan agar pengunjung tidak berbohong di area ini. Walaupun demikian, tidak banyak orang yang mengerti apakah hubungan dari mitos ini dengan keberadaan curug. Namun dari semuanya itu, pengunjung diharapkan dapat menjaga perilaku dan ucapan. Sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Karena pernah suatu ketika, terdapat hal buruk yang menimpa pengunjung. Hingga mengakibatkan hilangnya nyawa pengunjung tersebut. Untuk mencegah hal ini terjadi pada Anda, sebaiknya taati setiap aturan yang ada dalam setiap tempat wisata yang dikunjungi. Sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan semua rencana wisata dapat berjalan dengan lancar. Sudah mengetahui tentang keunikan dan mitos di area ini dan masih kekurangan informasi? Lanjutkan membaca dan temukan informasi lebih tentang curug ini.

Aktivitas di Sekitar Curug Rahong Bogor

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa terdapat mitos yang tinggal di area ini. Rupanya, hal ini diambil dari nama sebuah Jembatan di daerah Bogor. Nama tepat dari lokasi ini adalah Jembatan Cirahong yang terletak dekat dari Jalan Raya.

Sedangkan nama “ Rahong” inilah yang berartikan bohong atau dusta. Tidak heran, jika akhirnya terdapat mitos yang tinggal di air terjun ini. Hal penting dari mitos ini adalah untuk tetap menjaga kesopanan pengunjung dalam mendatangi area dan beraktivitas. Lantas, aktivitas apakah yang dapat dilakukan di tempat ini?

  1. Taman Untuk Menenangkan Pikiran

Setelah berkunjung ke sana, kami melakukan berbagai aktivitas menarik yang mungkin menarik untuk Anda ikuti. Pertama, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan hanya bersantai di sekitar kolam tampungan air. Pilihlah duduk disekitar bebatuan kering dan tunggulah air yang mengucur deras ke kolam tampungan. Bagi pengunjung yang gemar tentang seni, sebaiknya memanfaatkan kesempatan ini.

  • Menyalurkan Bakat Seni

Pecinta seni yang kami maksudkan adalah fotografer ataupun pelukis. Jadi, bagi yang memang mencari obyek foto dapat menjadikan tempat ini sebagai pilihan. Karena banyak spot foto yang dapat dijadikan pilihan untuk berfoto dan diupload ke sosial media. Atau bagi pengunjung yang memiliki jiwa seni lukis ataupun yang lainnya, dapat memanfaatkan kesempatan yang sama. Barangkali, hasil lukisan ini dapat menghasilkan uang dalam jumlah besar.

  • Hiburan-Hiburan

Tidak hanya aktivitas seni, untuk Anda yang membutuhkan hiburan untuk lepaskan penat, sebaiknya cukup nikmati keindahan alam dengan bermain air. Namun perhatikan bahwa jangan terlalu mengambil tempat yang terlalu dalam. Karena kolam yang semakin tengah memiliki arus yang sangat besar. Bahkan, arus didalamnya terlihat memutar dan tentunya berbahaya jika berenang di sekitarnya. Karenanya, disarankan untuk bermain air di tepi kolam.

  • Bermain Air

Air yang ada di kolam tampungan, memiliki kesegaran yang luar biasa. Karena banyak orang yang memanfaatkannya untuk mandi atau sekedar bermain air. Sayangnya, untuk tempat bilas dan mandi di tempat ini masih sangat minim. Karenanya, perlu diperhatikan apakah akan bermain air di tempat ini ataupun sebaliknya. Tidak jarang, di tempat ini dijadikan tempat tracking oleh para pecinta sepeda. Hal ini sangat lazim dilakukan karena sekitar area memiliki bebatuan yang dapat dilewati.

  • Tracking dan Bersepeda

Bagi para pecinta sepeda yang ingin melakukan trackking di tempat ini sebaiknya melakukannya dengan hati-hati. Karena batuan yang ada cukup licin dan cukup berbahaya jika dilakukan kesalahan pemilihan track tanpa menggunakan pengaman. Jika masih belum puas, para pecinta alam dapat melakukan trackking disekitar area. Disini, banyak tumbuhan yang membuat area memiliki kondisi yang nyaman dan menyegarkan.

Selagi melakukan tracking, Anda perlu memperhatikan apakah track yang diambil cukup aman dilalui atau sebaliknya. Mengingat, area ini berada di sekitar hutan lepas yang jarang dikunjungi pengunjung. Tidak jarang, pengunjung menemukan hewan-hewan melintas. Hal inilah yang perlu diantisipasi sehingga tidak terjadi masalah saat melakukan tracking. Itulah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di curug ini. Namun, bagaimanakah rute untuk bisa mencapai tempat ini?

Rute Menuju Curug Dari Berbagai Daerah

Mungkin sudah muncul ketertarikan untuk mendatangi tempat ini, namun karena Anda tidak mengetahui bagaimana cara mendatangi tempat ini pengunjung enggan mendatanginya. Karenanya, kami akan menjelaskannya, sehingga tidak lagi ada alasan untuk tidak mendatangi tempat ini. Adapun pengunjung yang berasal dari Bogor dapat mengambil arah Ciampea dan mencari arah Kampung Kedaung. Sedangkan yang berasal dari BSD dapat mengambil arah Serpong dan menuju Kampung Kedaung.

Banyak jenis moda transportasi yang dapat digunakan untuk mencapai tempat ini. Namun, karena track yang dilalui cukup berat, Anda perlu berhati-hati. Bahkan bila perlu, periksa terlebih dulu apakah kendaraan dapat digunakan ataupun sebaliknya. Pastikan bahwa rem dan segala sesuatunya dapat digunakan. Hal ini penting, sehingga tidak ada kendala saat berkendara menuju area ini. Lihat juga Goa Gudawang yang lokasinya tidak jauh dari sini.

Sudah tidak ada alasan lain bukan untuk mendatangi tempat ini? Karena semua informasi terkait Curug Rahong telah terjawab. Selagi melakukan wisata disini, sebaiknya jaga perilaku Anda. Serta, jaga pula kelestarian tempat ini. Sehingga keasriannya tetap terjaga dan tetap dapat dinikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *