5 Oleh-oleh Khas Bandung yang Wajib Dibawa Pulang

Posted on

Berkunjung ke suatu tempat tak lengkap rasanya tanpa membawa buah tangan. Sebut contohnya saat liburan ke Bandung. Ada banyak oleh-oleh khas Bandung yang bisa dibawa pulang untuk keluarga dan kerabat yang sudah menanti di rumah.

Bingung mau bawa oleh-oleh apa? Berikut ide oleh-oleh khas Bandung yang bisa kamu jadikan opsi.

1. Oncom Raos

Oleh-oleh khas Bandung pertama ialah oncom yang, salah satu kuliner tradisional di Bandung. Kamu, keluarga, dan kerabat bisa mencoba oncom di Oncom Raos yang berada di Jl. Cihampelas No. 57, Tamansari, Bandung. Lokasinya kebetulan berdekatan dengan Cihampelas Walk, jadi menemukannya lebih mudah.

Selain menikmati oncom goreng yang lezat, tempat ini menyediakan berbagai jajanan yang juga patut dicoba. Ada pisang sale, aneka keripik, dan manisan untuk dinikmati selama perjalanan pulang atau dijadikan buah tangan juga.

2. Peuyeum

Peuyeum atau istilah umumnya tape menjadi oleh-oleh khas Bandung yang paling mudah ditemukan. Bentuknya seperti singkong rebus utuh dan biasa digantung di kios oleh-oleh di sepanjang jalan dengan harga yang cukup terjangkau.

Peuyeum diminati oleh wisatawan karena dapat menghangatkan badan. Sangat cocok disantap di cuaca dingin seperti Bandung. Dibawa pulang juga oke asal penyimpanannya jangan terlalu lama karena dapat menghilangkan cita rasa dari peuyeum itu sendiri.

3. Gepuk Ny Ong

Ingin makan gepuk? Kamu dan keluarga bisa mampir ke salah satu tempat makan gepuk favorit di Bandung, bernama Gepuk Ny Ong. Gepuk ini sendiri berasal dari olahan daging sapi yang digeprek, lalu ditancapkan ke lidi agar bentuknya tetap utuh saat dimasak.

Selain sapi, ada pula gepuk ayam yang tak kalah nikmat. Pengunjung boleh request tingkat kepedasan gepuk, jadi pecinta pedas maupun tidak bisa makan. Gepuk Ny Ong bisa kamu temukan di Jl. Pasar Kalili No. 104, Jl. Buah Batu No. 151A, dan di Jl. Dr. Djunjunan No. 155E.

4. Pisang Bolen Kartika Sari

Kamu belum sah ke Bandung kalau tidak membawa oleh-oleh legendaris yang satu ini. Ya, Pisang Bolen Kartika Sari namanya yang tersedia dalam berbagai pilihan rasa, seperti coklat, keju, hingga durian. Ada pula aneka pastry lezat untuk camilan di perjalanan, seperti kroket, risoles, brownies kukus, dan pastel.

Toko oleh-oleh khas Bandung yang terletak di Jl. Akbar No. 4 ini sudah membuka cabang di Jakarta. Namun, membeli langsung di pusatnya pasti lebih enak, kan?

5. Aneka Kerajinan Tangan

Setelah puas berburu oleh-oleh makanan, sekarang saatnya berburu aneka kerajinan tangan khas Bandung. Ada keramik, tas, keranjang, dan hasil anyaman lainnya yang pas untuk diberikan kepada keluarga atau kerabat.

Datanglah ke Jl. Raya Lembang. Disini kamu akan menemukan berbagai kerajinan tangan dengan bentuk dan motif yang berbeda. Kamu bisa bebas pilih sesuai selera masing-masing.

Bagi yang dalam waktu dekat ingin liburan ke Bandung, jangan lupa bawa oleh-oleh khas Bandung di atas, ya! Gunakanlah kendaraan pribadi untuk liburan bersama keluarga di masa pandemi. Untuk rombongan, kamu bisa mencari sewa bus Bandung agar perjalanannya lebih praktis.

Ada TRAC, salah satu perusahaan transportasi yang siap menemani perjalananmu di Bandung sekaligus saat berburu oleh-oleh. Dengan kondisi armada yang bersih dan sudah didisinfektan, maka penularan Covid-19 dapat diminimalisir selama kamu, keluarga, dan rombongan pergi ke Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *