Bahaya Akibat Orang Tua Ngajarin Anak Bohong

Keluarga6 Views

Untuk kamu, para orang tua hebat! kamu pada tahu gak sih, ngajarin anak bohong itu bener-bener nggak oke? Bukan cuman bikin anak jadi jago berbohong, tapi juga berakibat buruk buat perkembangan mereka. Yaudah, Cimanggu Bogor coba bahas aja, apa aja sih bahayanya ngajarin bohong ke anak dan kita bisa ganti dengan apa.

Hilangnya Kepercayaan

Bener Banget! Ngajarin bohong ke anak bisa bikin kepercayaan mereka ke kita jadi kendor. Mereka bakal ngerasa kecewa dan bingung kenapa diajarin hal yang nggak banget.

Bingung Bedain Benar atau Salah

Kalo anak diajarin bohong, bisa aja mereka jadi bingung mana yang bener dan mana yang salah. Bisa sampe pada mikir bohong itu sah di semua situasi, padahal nggak banget, kan?

Ngerasa Bersalah Terus-terusan

Anak yang sering diajarin bohong bisa ngerasa bersalah terus-terusan. Emangnya enak? Mereka bisa stres dan gak tenang karena nggak enakan terus.

Alternatifnya Gimana, Dong?

Ngobrol Santai

Kamu pada bisa ngajak anak ngobrol santai aja. Ceritain ke mereka kenapa kejujuran itu penting. Kasih tau juga contoh situasi di mana kejujuran dihargai banget.

Biar Bebas Ngomong

Buka pintu buat anak kamu buat cerita apa aja, termasuk kalo mereka udah nyobain hal yang nggak bener. Biar mereka merasa nyaman cerita dan gak takut dihakimi.

Konsekuensi yang Positif

Kalo mereka salah, lebih baik kasih konsekuensi yang bisa bangun karakter. Jangan asal hukum, tapi ajakin mereka ngerasain dampak positif dari tindakan yang bener.

Jadi Panutan yang Bener

Kamu harus jadi panutan yang bener. Anak suka ngikutin apa yang kita lakuin, jadi tunjukin aja kalo kita itu bisa jadi keren tanpa harus berbohong.

Yak, jadi, ngajarin anak bohong itu bener-bener nggak banget, ya? kamu pada bisa kok ngajarin mereka yang bener, biar jadi pribadi yang keren dan bertanggung jawab. Yuk, sama-sama jadi orang tua yang bersahaja, tapi tetap keren!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *