Daftar 26 Bahan Alami Buat Kecantikan Kulit Wajah dan Tubuh yang Murah juga Mudah

Kecantikan10 Views

Siapa bilang untuk tampil cantik harus keluar uang banyak? Ternyata, banyak bahan alami di dapur kita yang bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit dan rambut secara alami dan hemat. Yuk, simak bahan alami versi Cimanggu Bogor apa saja yang bisa kamu manfaatkan untuk tampil lebih cantik!

Madu

Madu bukan hanya enak dimakan, tapi juga sangat baik untuk merawat kulit dan rambut. Madu mengandung antioksidan dan memiliki sifat antimikroba yang membantu membersihkan dan melembapkan kulit. Campurkan madu dengan yogurt atau oatmeal untuk masker wajah yang menyegarkan.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa yang sudah dirubah menjadi VCO (Virgin Coconut Oil) mengandung asam laurat yang bertugas sebagai antibakteri. Minyak kelapa membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi kerusakan akibat sinar matahari. Gunakan minyak kelapa sebagai pelembap tubuh atau sebagai masker rambut untuk mengatasi rambut kering dan rusak.

Lidah Buaya

Lidah buaya sudah terkenal akan manfaatnya untuk merawat kulit dan rambut. Gel lidah buaya mengandung banyak nutrisi dan memiliki sifat penyembuhan yang membantu mengatasi jerawat, meredakan kulit iritasi, dan mempercepat proses penyembuhan luka. Oleskan gel lidah buaya langsung ke kulit atau rambut sebagai masker alami.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan vitamin E dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Minyak zaitun membantu melembapkan kulit, mengurangi tanda penuaan, dan mengurangi peradangan. Gunakan minyak zaitun sebagai penghapus makeup alami atau campurkan dengan gula sebagai scrub tubuh.

Kentang

Kentang mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kulit. Kentang juga memiliki sifat pemutih alami yang membantu mencerahkan kulit dan mengurangi noda hitam. Iris tipis kentang dan letakkan di atas area kulit yang gelap untuk hasil yang lebih cerah.

Cuka Apel

Cuka apel terbuat dari buah apel yang mengandung kalium dan serat. Cuka apel mengandung antioksidan betakaroten yang berfungsi mencegah kanker, boron untuk membantu pendayagunaan vitamin D dan mencegah kehilangan mineral pada tulang, kalsium yang membantu kerja jantung serta menjaga gigi dan tulang tetap sehat dan kuat, zat besi yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh, berbagai enzim pencernaan, magabesa berfungsi menjaga kolesterol, asam amino, dan karbohidrat.

Cuka apel menjaga alkali agar tetap seimbang. Asam hidroklorit yang terkandung juga membantu encernaan serta pektin yang merupakan serat larut air. Fungsi pektin mengikat logam berat dan kolesterol ke usus untuk dibuang.

Mawar

Bunga merah cantik yang harum ini sering digunakan sebagai astringen yang berfungsi mengurangi minyak dan mengecilkan pori-pori di wajah. Air mawar terutama yang berwarna merah gelap sering digunakan untuk menyegarkan kulit.

Lilin Lebah (Beeswax)

Lilin alami yang dibuat oleh lebah sering dimanfaatkan sebagai lotion atau krim untuk emulsi.

Oatmeal

Oat gandum Mengandung serat, protein, asam lemak esensial, vitamin b, vitamin e, silikon, kalium, magnesium, zat besi, dan kalsium sehingga memberikan efek dingin pada kulit. Oatmeal digunakan untuk menghilangkan dan mengelupas kulit mati (body scrub).

Nanas

Isian daging nanas mengandung bromelin yaitu enzim aktif yang berfungsi meremajakan dan membersihkan kulit kusam, mengatasi kulit kasar serta melembutkan kulit terutama pada tumit, lutut, dan siku.

Berendam dengan jus nanas atau menggunakan irisan daging nanas bagian dalam akan melembabkan dan menghaluskan kulit terutama kulit kaki.

Tomat

Tomat mengandung likopen yang berfungsi sebagai antioksiden untuk menghambat penuaan kulit yang disebabkan sinar matahari. Sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan tomat sebagai bahan alaminya.

Pepaya

Vitamin C, vitamin A, dan enzim papain yang ada di pepaya merupakan antioksidan yang akan meratakan warna kulit, menghilangkan flek hitam, serta mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah.

Jahe

Beberapa produk kecantikan dari bahan alami menggunakan jahe sebagai penghangat yang melancarkan sirkulasi darah, mengencangkan kulitdan menyamarkan stretch mark.

Rumput Laut

Alga dan rumput laut punya banyak mineral dan vitamin untuk merelaksasi tubuh dan meningkatkan metabolisme. Rumput laut memiliki zat antibiotik alami yang akan meluruhkan racun tubuh selain kaya akan seng, zat besi ,aklium, dan magnesium.

Teh Hijau

Baik diminum atau dijadikan masker kulit, keduanya memberikan manfaat kecantikan dan kesehatan kulit. Antioksidan didalam teh hijau akan melawan radikal bebas yang berasal dari polusi dan merupakan penyebab kerusakan pada kulit.

Yoghurt Tawar

Yoghurt tanpa gula dapat digunakan sebagai masker wajah yang berfungsi menenangkan, melembutkan, dan membersihkan kulit kusam. Hal ini karena yoghurt mengandung protein, enzim, seng, asam laktat, serta vitamin b. Selain itu, yoghurt bersifat antibiotik alami yang akan membunuh bakteri jahat pada kulit.

Stroberi

Stroberi kaya akan asam elagat, serat, kalium, antioksidan, vitamin K, vitamin B6, vitamin B5, asam folat, dan vitamin C. Stroberi punya manfaat mencegah peradangan dan kerusakan kolagen di kulit.

Garam Laut

Sea Salt dapat meluruhkan sel kulit mati (exfoliator) karena mengandung kalsium, kloridam, nitrat, sulfat, dan mineral bikarbonat. Selain itu, berendam air hangat dengan tambahan garam laut akan membuat otot menjadi relaks. Garam laut juga sering digunakan sebagai bahan pembuat obat kumur dan odol karena memiliki zat pembersih yang cukup kuat.

Susu

Susu sudah seringkali digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk kecantikan kulit wajah. Susu kaya akan vitamin, kalsium, dan protein serta mudah diserap oleh kulit membuat susu serng digunakan sebagai bahan tambahan pelembut tubuh, scrub, masker, susu pembersih, sampai sabun mandi.

Jeruk Nipis

Buah yang tinggi vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan alami baik untuk kulit luar maupun dalam.

Jeruk Lemon

Saat ini cukup banyak produk kecantikan dengan bahan alami dari jeruk lemon karena mengandung limonin, pektin, magnesiun, kalsium, dan asam sitrat yang berfungsi sebagai antiifeksi. Bioflavonoid pada jeruk lemon bermanfaat sebagai pelindung dan pembersih kulit.

Telur Ayam Kampung

Meskipun jarang digunakan sebagai bahan alami untuk kecantikan. Mengonsumsi telur ayam kampung yang punya kandungan asam lemak omega, vitamin E, vitamin A, dan protein ini sangat bermanfaat dalam menjaga kekebalan tubuh secara keseluruhan seperti memelihara kesehatan jantung, fungsi otak, fungsi penglihatan dan memberikan nutrisi rambut serta kulit.

Mentimun

Baik dikonsumsi maupun dijadikan masker, mentimun sangat baik untuk kecantikan natural. Mentimun mengandung kalium, flourin, dan silikon yang membantu menjaga kesehatan rambut, mencegah gangguan hati, meringankan kulit terbakar sinar matahari, serta menjaga metabolisme ginjal. Sedangkan masker timun akan mengatasi kulit berminyak dan mengecilkan pori-pori.

Wortel

Vitamin A yang terkandung dalam wortel membantu mencegah bintik hitam pada wajah dan bermanfaat untuk kesehatan rambut, kulit, dan mata.

Pisang

Pisang merupakan sumber pektin, asam folat, seng, kalsium, zat besi, vitamin C, vitamin A, dan kalium yang baik bagi kesehatan kulit. Pisang sering digunakan sebagai masker rambut dan wajah karena memiliki efek melembabkan kulit kering.

Alpukat

Alpukat memiliki kandungan lesitin, minyak alami, kalium, vitamin B, vitamin E, vitamin C, dan vitamin A yang bermanfaat sebagai pelembab alami dan pelembut wajah.

Apel

Apel kaya fitokimia, flavonoid, selulosa, pektin, dan kalium yang selain bermanfaat untuk tubuh juga merawat kesehatan kulit. Apel sudah digunakan sebagai bahan kecantikan alami dari sejak zaman dahulu.

Jadi, itulah beberapa bahan alami dari dapurmu yang bisa kamu manfaatkan untuk merawat kecantikan kulit dan rambut. Selain lebih aman dan alami, menggunakan bahan alami juga akan lebih menghemat pengeluaranmu. Ayo, mulai merawat kecantikanmu dengan alami sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *