Tips Cara Mengatasi Ketombe Gatal Membandel Secara Alami dan Ampuh

Kecantikan5 Views

Apakah kamu sering mengalami masalah dengan ketombe yang mengganggu? Jangan khawatir, karena ada beberapa trik sederhana yang bisa kamu coba untuk mengatasinya.

Dermatitis seboroik atau seborrhea merupakan nama latin dari ketombe yang merupakan sisik berbahan keratin berlemak yang dihasilkan kulit kepala. Kulit kepala akan gatal apabila ketombe muncul.

Kondisi kulit kepala yang berminyak dan lembab akan membuat kulit meradang sehingga membentuk sisik bernama ketombe. Berikut cara mengatasi ketombe berkerak.

Gunakan Shampoo Anti-Ketombe

Pilihlah shampoo yang dirancang khusus untuk mengatasi ketombe. Pastikan shampoo yang kamu gunakan mengandung bahan-bahan seperti zinc pyrithione, ketoconazole, atau selenium sulfide yang efektif mengurangi produksi ketombe. Gunakan secara teratur untuk membersihkan rambutmu dengan baik.

Hindari Penggunaan Air Panas

Mandi dengan air panas dapat membuat kulit kepala menjadi kering dan mengiritasi, yang dapat memperburuk masalah ketombe. Cobalah untuk mandi dengan air hangat atau bahkan air dingin untuk menjaga kulit kepala tetap lembap dan sehat.

Gunakan Pelembap Kulit Kepala

Setelah mencuci rambut dengan shampoo anti-ketombe, gunakan pelembap khusus kulit kepala untuk membantu menjaga kelembapan dan kesehatan kulit kepalamu. Pilih produk yang tidak mengandung minyak mineral atau bahan kimia keras yang dapat menyebabkan iritasi.

Hindari Menggaruk Kulit Kepala

Meskipun terasa gatal, hindari menggaruk kulit kepala secara berlebihan karena dapat memicu produksi lebih banyak ketombe. Jika merasa gatal, cobalah untuk menepuk-nepuk kulit kepala dengan lembut atau gunakan sampo yang mengandung bahan yang menenangkan.

Gunakan Bahan Alami

Bahan-bahan alami seperti mengkudu, daun pandan, tea tree oil, jeruk nipis, minyak kelapa, cuka, atau kunyit, lidah buaya dapat membantu mengatasi ketombe secara alami.

Oleskan sedikit tea tree oil atau minyak kelapa ke kulit kepala dan biarkan semalam sebelum mencuci rambut. Atau gunakan gel lidah buaya sebagai pelembap alami setelah mencuci rambut.

Dengan menerapkan tips cara ampuh mengatasi ketombe secara rutin versi cimanggu bogor, kamu dapat mengatasi masalah ketombe dan menjaga kesehatan kulit kepalamu. Jadi, jangan biarkan ketombe mengganggu kepercayaan dirimu lagi, ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *