Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami

Kecantikan9 Views

Sebetulnya rambut rontok jika dibawah 100 helai tidak masalah menurut para pakar rambut. Namun, kalau merasa lebih dari itu. Kamu patut waspada karena bisa jadi ada sesuatu yang salah dari rambut atau kulit kepala kita.

Apakah kamu sering merasa khawatir dengan rambut yang rontok terus-menerus? Tenang saja, kamu tidak sendirian! Rambut rontok memang bisa jadi masalah yang mengganggu, tapi ada beberapa cara efektif mengatasi rambut rontok parah sederhana yang bisa kamu coba untuk mengatasinya.

Penyebab Rambut Rontok

Penyebab rambut rontok sangat beragam. Mulai dari kurang zat besi, masalah ketombe parah, sirkulasi darah tidak lancar di kulit kepala, stres, perubahan hormon, faktor genetik, faktor usia, dan kekurangan nutrisi asam folat.

Konsumsi Makanan Bergizi

Kesehatan rambut sangat dipengaruhi oleh makanan. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, zat besi, dan vitamin, seperti telur, ikan, sayuran berdaun hijau, dan buah-buahan. Nutrisi yang cukup akan membantu memperkuat akar rambut dan mengurangi rambut rontok.

Bahan Alami Mengatasi Rambut Rontok

Berikut bahan alami yang digunakan untuk memperbaiki masalah rambut rontok.

Mengkudu

Aduk dengan rata mengkudu yang sudah dilembutkan dan kuning telur ayam kampung kemudian balurkan dan diamkan beberapa menit pada rambut yang sudah dicuci sebelumnya. Mengkudu bisa melembutkan dan menghaluskan rambut.

Teh Hijau

Teh Hijau memiliki efek antikanker karena mengandung antioksidan. Selain itu, menurut penelitian di Jepang zat SHBG pada teh hijau menghambat hormon pemicu kerontokan rambut.

Campuran Air Rebusan Dedaunan alami mencegah kerontokan rambut

Air saringan yang sudah direndam semalaman dari rebusan daun pandan, daun mangkok, daun urang aring, dan daun waru dapat digunakan bersamaan dengan minyak jarak, minyak kemiri dan air perasan jeruk nipis untuk dijadikan olesan pada kulit kepala sebelum keramas.

Minum Jus Bayam dan Selada

Segelas jus bayam dan selada dapat diminum setiap hari karena dapat mencegah kerontokan pada rambut.

Hindari Stres

Stres bisa menjadi salah satu penyebab utama rambut rontok. Cobalah untuk mengelola stres dengan cara melakukan aktivitas yang menyenangkan, seperti berjalan-jalan di taman atau meditasi. Selain itu, pastikan kamu juga cukup tidur agar tubuhmu bisa pulih dan regenerasi dengan baik.

Gunakan Shampoo yang Tepat

Pilih shampoo khusus atasi rambut rontok. Hindari penggunaan shampoo yang mengandung bahan kimia keras yang dapat merusak kulit kepala dan menyebabkan rambut rontok lebih parah. Gunakan shampoo ini secara teratur untuk membersihkan rambutmu dengan lembut.

Hindari Penggunaan Alat Pemanas

Alat pemanas seperti hair dryer, catokan, dan curling iron dapat merusak struktur rambut dan menyebabkan rambut rontok. Hindari penggunaan alat tersebut sebisa mungkin.

Gunakan Minyak Alami

Minyak alami seperti minyak kelapa, minyak almond, atau minyak zaitun dapat membantu memperkuat rambut dan mengurangi rambut rontok. Oleskan sedikit minyak alami ke kulit kepala dan rambut, pijat perlahan, dan biarkan semalam sebelum dibilas dengan shampoo.

Itulah daftar bagaimana cara mengatasi rambut rontok yang berlebihan. tetaplah konsisten saat merawat rambutmu dalam menunggu hasilnya. Dengan perhatian ekstra, rambutmu akan kembali sehat dan kuat seperti dulu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *