Niat Mau Buka Usaha? Nih 15 Alasan Kenapa Mendingan Jangan Berbisnis Kalau Belum Siap!

Bisnis13 Views

Teman-teman yang udah atau masih mikir buat jadi pebisnis! Emang, bisnis itu keren banget, tapi, gak ada salahnya juga nih buat mikir lagi kenapa mungkin lebih baik gak usah berbisnis. Sini, duduk santai, Cimanggu Bogor bahas bareng alasannya!

Aduh, Udahlah, Jadi Bos Susah Banget!

Bukan semua orang bisa jadi bos yang keren, lho. Beda skill, beda kepribadian, beda juga cara ngelola tim. Jadi, mendingan kita cari kebahagiaan di posisi lain yang lebih nyaman!

Resiko Mati Gaya!

Dalam bisnis, resiko itu kayak mantan yang sering muncul di kehidupan. Kadang-kadang sih seru, tapi kalo gak hati-hati, bisa jadi bumerang.

Birokrasi Manajemen Bikin Pusing!

Bisnis itu gak cuman soal jualan atau bikin produk aja. Kadang ada urusan pake aturan, izin-izin, pajak, sampe birokrasi yang bisa bikin pusing kepala!

Gak Ada Jam Kerja yang Jelas!

Waktu kerja jadi samar-samar, gak kayak karyawan biasa yang punya jam kantor. Bisnis itu bekerja kapanpun dan di manapun, bisa jadi banget kita jadi workaholic.

Kekerasan Mental dan Emosional Tiap Hari!

Jangan salah, bisnis itu kadang lebih kejam dari hati gebetan. Naik turunnya bikin pusing dan stres, bro!

Keuangan Gak Stabil!

Kadang untung, kadang rugi. Modal dan keuangan harus bener-bener dikelola dengan hati-hati. Kalo enggak, bisa-bisa jadi miskin dalam semalam.

Persaingan yang Lebih Seru dari Main Game!

Persaingan dalam bisnis itu bisa lebih keras dari turnamen esports. Kalo gak kuat mental, bisa-bisa kita jadi stress dan dikejar hutang.

Gak Ada Jaminan Sukses!

Di bisnis, gak ada jaminan sukses. Meskipun kita udah ngerjain semua yang bisa kita lakuin, sukses gak selalu datang sesuai ekspektasi.

Tidak ada istilah Work-Life Balance?

Sama kayak nyari unicorn, work-life balance dalam bisnis bisa jadi mitos. Kadang kita sibuk banget sampe lupa waktu buat keluarga dan temen.

Tanggung Jawab Sampe Pening!

Jadi bos, tanggung jawabnya sampe bener-bener pusing. Bukan cuma urusan karyawan, tapi juga pelanggan, pajak, dan segudang hal lainnya.

Krisis Identitas: Siapa Sebenernya Gue?

Gak jarang, bisnis bikin kita ngehadepin krisis identitas. Siapa sebenernya kita? Apa yang kita mau? Kadang kita jadi kayak philosopher yang bingung sama arti hidup.

Tidak Semua Orang Pintar Ngatur Uang!

Di bisnis, harus jeli dengan keuangan. Kalo gak, bisa-bisa kita bener-bener gak ngerti lagi kemana uang kita pergi.

Inovasi Harus 24 jam sehari

Inovasi dalam bisnis itu kayak kewajiban yang harus dipegang terus. Kalo kita capek dan kehabisan ide, bisa-bisa bisnis kita jadi kayak produk yang udah expired.

Pelanggan Jadi Raja yang Banyak Maunya

Kalo di bisnis, pelanggan tuh raja, bukan cuma di mulut doang. Mereka bisa jadi demanding, manja, dan suka nyuruh-nyuruh. Kita harus sabar menghadapinya.

Belum Tentu Bahagia Meskipun Kaya!

Terakhir, ini yang paling penting. Kaya itu emang enak, tapi belum tentu bikin kita bahagia. Gak jarang orang yang kaya tapi nyadar hidupnya gak sesuai dengan passionnya.

Intinya, bisnis itu emang oke, tapi gak semua orang cocok jadi pebisnis. Kadang jadi karyawan biasa atau punya bisnis kecil yang gak ribet juga enak, lho. Ingat, yang penting itu bahagia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *